CiriCara: Cara Berhemat Jelang Natal dan Tahun Baru

by
December 19th, 2012 at 3:19 pm

CiriCara.com – Menjelang Natal dan tahun baru ini, Anda harus bijak menggunakan uang. Jangan sampai, sebelum perayaan Natal dan tahun baru, uang yang ada di dompet maupun di ATM sudah habis karena kelalaian Anda sendiri.

Bijak menggunakan uang itu sangat penting agar Anda bisa merayakan Natal dan tahun baru bersama orang-orang yang disayangi. Beberapa orang tentunya sudah merencanakan liburan Natal dan tahun baru ini bersama orang-orang yang disayangi. Namun, untuk merayakan itu Anda harus menyiapkan uang yang lebih.

Misalnya saja, Anda dan keluarga berencana akan pergi keluar negeri untuk merayakan tahun baru di sana. Nah, dengan begitu Anda harus mulai bijak menggunakan uang sebelum Natal dan tahun baru. Bagaimana cara berhemat jelang Natal dan tahun baru? Dilansir Timesofindia.Indiatimes.com, inilah cara berhemat jelang Natal dan tahun baru:

1. Membuat kue dan kartu ucapan sendiri

Sisihkan waktu Anda untuk membuat kue atau kartu ucapan sendiri. Membuat kue dan kartu Natal dari tangan sendiri akan lebih membanggakan dibandingkan Anda membeli di mal. Kartu ucapan Natal dan tahun baru atau kue yang di jual pasaran juga memiliki harga yang cukup mahal. Manfaatkanlah kertas berwarna yang sudah tidak terpakai untuk hiasan Natal. Cara ini jika Anda lakukan tentunya bisa membuat hemat.

Kado Natal buatan sendiri

2. Menyeleksi acara yang dikunjungi

Di akhir tahun, biasanya akan ada banyak orang yang melangsungkan pernikahan. Agar mengurangi pengeluaran, Anda perlu menyeleksi undangan acara yang akan dikunjungi. Semakin sedikit acara yang akan dikunjungi, semakin berkurang juga pengeluaran Anda.

3. Memadupadankan busana

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar meminimalisir pengeluaran adalah memadupadankan busana yang akan dipakai pada hari Natal nanti. Menyambut hari Natal, bukan berarti Anda harus mengenakan pakaian yang baru. Agar lebih irit, Anda bisa memadupadankan busana yang dimiliki saat ini.

4. Tunggu diskon akhir tahun

Menjelang Natal dan tahun baru biasanya banyak toko-toko di pusat perbelanjaaan yang memberikan diskon. Jangan tergoda dulu oleh diskon yang diberikan karena Anda akan mendapatkan diskon yang lebih besar lagi pada saat malam tahun baru.

Itulah cara berhemat yang bisa Anda lakukan menjelang Natal dan Tahun baru. Jika sebelum Natal dan tahun baru Anda bijak menggunakan uang, maka akan bisa merayakan Natal bersama orang yang disayangi dan berlibur ke tempat wisata atau ke luar negeri bersamanya. (NR)

Comment di sini