CiriCara: Cara Menyiasati Pacaran Beda Agama

by
December 19th, 2012 at 9:32 am

CiriCara.com – Beberapa orang mengatakan bahwa cinta tidak memandang apapun. Baik itu umur, status, pekerjaan, bahkan agama sekalipun. Beberapa orang tetap menjalankan hubungan asmaranya walaupun memiliki perbedaan-perbedaan tersebut, termasuk agama.

Sebagian orang percaya bahwa menjalin hubungan asmara dengan pasangan berbeda agama tidak akan awet. Tapi, beberapa dari mereka malah merasa nyaman dengan pasangan beda agama itu, bahkan sampai ke jenjang pernikahan.

Di samping itu, ada juga beberapa pasangan yang tidak menjalankan hubungan asmara itu dengan baik hingga pada akhirnya menimbulkan pertengkaran. Tidak awetnya hubungan asmara itu misalnya disebabkan karena adanya halangan dari pihak keluarga salah satu pasangan. Agar hubungan asmara beda agama itu tetap langgeng, ada cara untuk menyiasatinya.

Dilansir Collegecandy.com, berikut cara menyiasati pacaran beda agama:

1. Mencari kesamaan

Meskipun Anda dan si dia memiliki perbedaan keyakinan, namun pasti ada juga kesamaan di antara ajaran maupun larangan keduanya. Misalnya, larangan berbuat zina, mengonsumsi minuman beralkohol, maupun cara berpakaian sopan yanhg dianjurkan. Pada dasarnya semua agama pasti mengajarkan umatnya untuk mengamalkan kebaikan dan menjauhi kemaksiatan. Dengan adanya kesamaan itu, hubungan asmara yang dijalani akan langgeng.

2. Menghargai pebedaan

Menghargai perbedaan adalah salah satu kunci agar berpacaran beda agama tetap awet. Perbedaan dalam keyakinan dan menjalankan ibadah tetap harus dihargai oleh masing-masing pasangan. Alangkah baiknya, untuk tetap saling mengingatkan pasangan beribadah walaupun agama yang dipeluk berbeda. Jika sudah begitu, maka bisa dikatakan bahwa perbedaan itu sangat indah karena saling menghargai.

3. Saling bertukar pikiran

Cara lain untuk menyiasati pacaran beda agama adalah sering-sering mengobrol dan bertukar pikiran. Di saat ada waktu senggang, mengobrolah mengenai keyakinan yang dianut bersama si dia. Namun, jangan malah berdebat dan merasa menjadi paling benar. Dengan begitu, pengetahuan kalian akan bertambah dan Anda pun akan diluruskan tentang kesalahpahaman yang sering beredar tentang agama lain.

4. Buat keputusan

Saat hubungan asmara itu sudah terlihat serius dan berniat untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan, kini saatnya Anda membuat keputusan. Tanyakan pada diri sendiri dan si dia, “Apakah siap memiliki pasangan suami atau istri yang berbeda agama?”. Perlu Anda ingat bahwa tantangan yang lebih besar akan datang saat sudah menikah nanti. Untuk itu, Anda harus pertimbangkan semua itu agar tidak menyesal di kemudian hari dengan keputusan yang sudah dibuat.

Itulah cara menyiasati pacaran beda agama. Di Indonesia, kita menemukan beberapa pasangan beda agama yang akhirnya menikah dan langgeng hingga saat ini. Misalnya saja, pasangan selebritis Jamal Mirdad dan Lidya Kandou. Pasangann yang menikah pada tahun 1986 ini masih menjalani hidup berumah tangga dengan adem ayem dan malah sudah memiliki beberapa orang cucu.

Selain itu, beberapa selebritis juga masih tetap langgeng pernikahannya walaupun berbeda agama, seperti Adri Subono dengan Chrisye, Katon Bagaskara dengan Ira Wibowo, Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen, dan sederet selebritis lainnya.

Menjalin hubungan asmara walaupun memiliki banyak perbedaan, seperti keyakinan akan terasa menyenangkan dan awet asalkan tetap bisa saling menghargai perbedaan itu satu sama lain. Jika Anda memiliki pengalaman saat berpacaran dengan orang yang beda agama, maka bisa berbagi pengalaman di sini. (NR)

Comment di sini