CiriCara: Cara Tepat Menjaga Kesehatan Payudara

by
December 19th, 2012 at 1:16 pm

CiriCara.com – Memiliki payudara dan sehat merupakan salah satu hal yang diinginkan beberapa wanita. Beberapa wanita bisa tampil dengan percaya diri jika memiliki payudara yang indah dan sehat. Namun, tak semua wanita yang memilikinya.

Payudara yang indah dan sehat bisa Anda dapatkan secara alami. Caranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Beberapa keuntungan bisa Anda dapatkan jika memiliki payudara sehat, antara lain bentuk payudara jadi nampak indah dan memperkecil risiko terkena kanker payudara.

Untuk mendapatkan payudara yang indah sebenarnya bisa Anda lakukan dengan mudah. Caranya dengan melakukan pemijatan dan sering melakukan push up. Jika sudah memiliki payudara yang indah, Anda pun harus menjaga kesehatannya. Bagaimana caranya? Dilansir Blisstree.com, inilah cara menjaga kesehatan payudara:

1. Memakai bra olahraga

Saat berolahraga, Anda disarankan untuk memakai bra olahraga. Saat berolahraga, Anda tentunya akan bergerak lebih aktif dan bra yang dipakai harus bisa menopang payudara dengan baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memakai bra yang tepat saat berolahraga, gundancangan payudara akan menurun 74%. Untuk itu, bra olahraga harus Anda pakai di saat sedang berlari, yoga, atau melakukan olahraga lainnya.

2. Memakai bra yang tepat

Pada usia 40 tahun, lemak akan semakin memenuhi payudara. Hal tersebut membuat payudara terlihat tidak kencang. Untuk menghindarinya, Anda harus memakai bra yang tepat, sesuai dengan ukurannya. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengganti bra yang sudah tidak nyaman lagi dipakai.

3. Aktif berolahraga

Saat usia bertambah, otot punggung wanita akan semakin lemah. Otot punggung yang lemah, payudara pun akan terlihat lebih turun. Hal tersebut bisa Anda cegah dengan cara aktif berolahraga. Agar payudara tetap sehat dan indah, rajin-rajin berolahragalah mulai saat ini.

4. Menjaga berat badan

Memiliki berat badan berlebih sangat tidak baik bagi tubuh. Berat badan berlebih bisa menimbulkan beberapa penyakit, seperti jantung, diabetes, hingga kanker payudara. Perlu Anda ketahui bahwa seiring bertambahnya usia, berat badan wanita cenderung semakin bertambah. Untuk itu, Anda harus menerapkan pola hidup sehat agar memiliki tubuh yang langsing. Memiliki tubuh yang langsing Anda akan memiliki payudara yangb sehat dan terhindar dari kanker payudara.

5. Hindari minuman beralkohol

Semakin banyak Anda meminum minuman beralkohol, semakin tinggi juga terserang risiko kanker payudara. Pernyataan tersebut telah dibuktikan oleh beberapa peneliti. Untuk itu, mulai batasi untuk meminumnya. Bila perlu, hindari demi kesehatan dan keindahan payudara Anda.

6. Melakukan pemeriksaan

Para ahli menyarankan agar para wanita yang berusia di atas 40 tahun segera mememriksakan payudara mereka secara rutin. Pemeriksaan itu disebut mammogram yaang harus dikonsultasikan dengan dokter. Selain itu, Anda juga bisa memeriksa payudara sendiri di rumah setiap bulan.

7. Hindari terlalu sering menghirup polusi udara

Para ahi dari Mayo Clinic membuktikan bahwa adanya hubungan antara kanker payudara dan polusi udara. Untuk itu, Anda disarankan sebisa mungkin tidak menghirup polusi udara yang tidak segar demi menjaga kesehatan payudara. Bila perlu, gunakan masker jika hendak keluar rumah.

8. Hindari terapi hormon

Selain polusi udara, hal lain yang harus Anda hindari adalah terapi hormon. Terapi hormon bagi wanita menopause bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Gejala menopause memang tidak membuat nyaman, tapi Anda harus konsultasikan dahulu pada dokter.

Itulah 8 cara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan payudara. Payudara yang sehat juga akan memperlihatkan bentuk yang indah. (NR)

Comment di sini