Foto: Tengkorak “Alien” Berumur 1000 Tahun Ditemukan di Meksiko

by
December 19th, 2012 at 10:20 am

Meksiko (CiriCara.com) – Para arkeolog Meksiko menemukan tengkorak ‘alien’ di dekat sebuah desa kecil yang bernama Onavas.

Sekilas, terngkorak ini terlihat sangat mirip dengan bentuk kepala alien yang digambarkan oleh para pembuat film-film alien atau perang luar angkasa.

Faktanya, tengkorak itu adalah tengkorak manusia pada peradaban manusia Mesoamerika. Para arkeolog yang menemukan tengkorak di pemakaman Meksiko ini menaksir bahwa manusia itu telah berumur 1.000 tahun.

Wikimedia Commons/Daily Mail

Dengan ditemukannya tengkorak lonjong mirip alien ini, benar bahwa pada masa peradaban Mesoamerika, terdapat semacam budaya mengubah bentuk tempurung kepala yang bertujuan untuk membedakan kelompok sosial yang satu dengan kelompok sosial lainnya, dan juga demi kepentingan ritual adat. Itulah yang diungkapkan oleh seorang arkeolog wanita sekaligus kepala proyek penyelidikan, Cristina Garcia Moreno.

Cristina sendiri adalah seorang arkeolog dari Universitas Arizona yang sudah sering terlibat dalam berbagai penelitian di bawah persetujuan Institut Antropologi dan Sejarah Nasional (National Institute of Anthropology and History).

Uniknya, di pemakaman tersebut terdapat 25 tengkorak yang terkubur di dalamnya, dan 13 di antaranya telah merubah bentuk tengkorak kepalanya. Bahkan, 5 tengkorak ditemukan mengalami pemotongan gigi.

Rupanya, tengkorak dengan gigi yang terpotong itu adalah remaja tanggung usia 12 tahun ketika dikuburkan. Pemotongan gigi itu adalah bagian dari budaya Nayarit, yang menunjukkan masa peralihan menjadi remaja.

Cristina menjelaskan bahwa temuan tengkorak yang berbeda-beda ini membuktikan bahwa adanya percampuran tradisi dari kelompok-kelompok sosial yang berbeda di bagian utara Meksiko, dilansir dari Dailymail.co.uk.

Berikut adalah foto-foto penemuan tengkorak ‘alien’ tersebut

INAH/Daily Mail

INAH/Daily Mail

INAH/Daily Mail

INAH/Daily Mail

INAH/Daily Mail

(yk)

Daily Mail

Comment di sini