Video+Foto: Indahnya Hujan Meteor Geminid

by
December 19th, 2012 at 11:21 am

Texas (CiriCara.com) – Minggu lalu, tepatnya tanggal 14 Desember 2012, Bumi kita ini dihujani oleh sekitar 400 lebih meteor Geminid.

Seluruh pengamat langit di penjuru dunia dapat menikmati hujan meteor geminid. Kabarnya, akhir minggu lalu itu menjadi titik puncak hujan meteor tersebut. Sehingga tidak heran kalau ratusan meteor memasuki atmosfer Bumi.

Mengapa diberi nama hujan meteor geminid? Penyebabnya adalah sebagian besar meteor itu tampaknya berasal dari rasi bintang kembar yang terang, yaitu Pollux dan Castor, dikutip dari Livescience.com.

Pasalnya, setiap tahun di bulan Desember, Bumi kita ini pasti melewati jejak debu yang ditinggalkan oleh Asteroid 3200 Phaethon. Serpihan-serpihan Asteroid itulah yang masuk ke Bumi dan memberikan pemandangan langit malam yang indah.

Para saksi mata mengatakan bahwa mereka melihat sekitar 2 hingga 3 meteor setiap menitnya. Karena begitu indah fenomena langit saat puncak hujan meteor tersebut, dibuatlah video time-lapse yang merekam jatuhnya meteor-meteor tersebut mulai dari tanggal 11 Desember hingga 14 Desember lalu. Video time-lapse ini menyoroti langit di atas Observatorium Chumack di Dayton, Ohio, AS.

Berikut adalah video tersebut

Dan inilah beberapa foto yang berhasil diabadikan saat hujan meteor itu berlangsung.

Tom Cuccio/National Geographic

Sunna Gautadottir/National Geographic

Jeffrey Phelps/National Geographic

Wally Pacholka/National Geographic

Bagi kamu yang belum sempat menyaksikan indahnya hujan meteor, tak perlu khawatir. Kabarnya, 22 Desember nanti adalah puncak dari hujan meteor Ursids. (yk)

Live Science

Comment di sini