CiriCara: Cara Agar Menjadi Menantu Kesayangan

by
December 20th, 2012 at 1:38 pm

CiriCara.com – Pernikahan bukan hanya menyatukan cinta Anda dan pasangan, tapi juga keluarga dari kedua belah pihak. Namun, tak sedikit wanita yang memiliki masalah dengan mertua mereka.

Padahal masalah dengan mertua sebaiknya dihindari agar tidak terjadi keretakan rumah tangga. Anda harus bisa menjalin hubungan baik dengan mertua. Bagaimanapun juga, mertua adalah sosok ibu dan ayah dan Anda harus bisa menghargai dan menghormatinya.

Anda sebisa mungkin harus menjadi menantu kesayangan mertua. Tujuannya adalah agar hubungan baik selalu terjalin antara Anda dan sang mertua. Lalu, bagaimana cara agar menjadi menantu kesayangan? Dilansir Getwed.com, berikut tipsnya:

1. Berpikir tenang

Saat ingin bertemu dengan mertua, pastikan Anda tidak sedang dalam keadaan marah atau jengkel. Jika Anda ingin bertemu dan mengalami hal tersebut, maka akan jadi mudah tersinggung apapun yang dikatakan mertua. Untuk itu, alangkah baiknya agar tetap merasa rileks sehingga bisa membangun suasana yang hangat dengan sang mertua.

2. Lebih sering mengobrol

Biasakan untuk selalu mengobrol setiap bertemu dengan sang mertua. Jangan canggung atau merasa malas ketika bertemu dengannya. Selain itu, luangkan waktu sesering mungkin untuk berbincang-bincang dengan mertua agar hubungan bisa semakin akrab. Jika Anda menghindari dan tak mau mengobrol dengannya, maka sang mertua akan merasa tak dihormati.

3. Mengambil hatinya

Selain meluangkan waktu untuk mengobrol, Anda juga harus pintar mengambil hatinya. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan bersikap baik dan manis di hadapannya. Misalnya, Anda ingin merayakan pesta ulang tahunnya, memasak makanan favoritnya, atau memberikan hadiah untuknya. Dengan begitu, sang mertua akan menyayangi Anda seperti anaknya sendiri.

4. Temukan ketertarikan yang sama

Hubungan akan terjalin dengan baik jika seseorang memiliki ketertarikan yang sama. Ketika Anda sudah mengetahui apa yang disukai sang mertua, tak ada salahnya untuk melakukan dan menikmati hal tersebut. Misalnya, mertua Anda hobi berolahraga, berbelanja, atau memasak. Dengan begitu, Anda bisa mengajak kegiatan tersebut untuk dikukan bersama-sama.

5. Menjadi diri sendiri

Agar bisa menjadi menantu kesayangan, Anda juga harus menjadi diri sendiri. Jangan mengubah seluruh hidup hanya karena ingin terlihat baik di mata mertua. Lakukanlah hal-hal positif dan berusahalah mendekatkan diri pada mereka. Dengan begitu, sang mertua akan meghargai usaha yang Anda lakukan itu.

6. Selalu beri suami perhatian

Mertua akan sangat menghargai jika Anda memperlakukan suami dengan baik. Apalagi jika suami adalah anak tunggal. Tentunya sang mertua juga akan sangat menyayangi Anda. Untuk itu, tak ada salahnya untuk memamerkan sedikit kemampuan Anda saat mengurus suami. Misalnya, memasak makanan favorit suami ketika sang mertua berkunjung ke rumah.

7. Janjikan kehadiran cucu

Jika Anda dan suami belum mendapatkan anak, maka beritahu mertua bahwa Anda memiliki rencana tersebut. Anda bisa menjelaskan kepada mereka alasan saat ini menunda hamil dahulu. Namun, alasan tersebut harus baik dan demi kebaikan anak nantinya. Misalnya dengan mengatakan, “Masih ingin mempersiapkan investasi pendidikan dahulu.” Dengan begitu, sang mertua mungkin akan mengerti. Janji kehadiran cucu itu penting karena sang mertua tentunya ingin menjadi seorang kakek dan nenek.

8. Hindari pertengkaran

Jangan pernah mendebatkan hal sekecil apapun dengan mertua. Misalnya, mertua berkomentar kalau masakan Anda kurang garam. Menanggapi hal itu Anda harus menghargai pendapatnya dan jangan langsung merasa kesal. Bagaimanapun juga mertua menginginkan Anda menjadi sosok wanita yang dicintai dalam lingkungan keluarga. Jadi, apapun pendapatnya alangkah baiknya didengarkan.

9. Merawat suami dan anak dengan baik

Jika sang mertua selalu menuntut, maka Anda harus sabar dan berusaha melakukan yang terbaik demi pasangan dan si buah hati. Merawat suami dan anak dengan baik juga bisa membuat Anda jadi disayang oleh mertua. Mertua akan melihat bahwa Anda adalah seorang ibu yang bertanggung jawab.

10. Selalu berpikir positif

Jika mertua termasuk orang yang cukup sulit didekati, maka jangan jengkel atau marah saat menghadapinya. Anda harus berpikir positif ketika sedang bersama mereka. Perlu Anda ingat juga bahwa suami sangat menyayangi ayah dan ibunya. Hal positif itu akan membantu perasaan kesal menjadi lebih ringan sehingga Anda bisa lebih baik saat berusaha membangun hubungan harmonis dengan mertua.

Itulah cara agar menjadi menantu kesayangan. Bagaimanapun juga hubungan mertua harus terjalin dengan baik agar kehidupan keluarga Anda juga bisa harmonis serta bahagia. (NR)

Comment di sini