CiriCara: Cara Mencegah Penuaan Kulit Wajah

by
December 20th, 2012 at 9:15 am

CiriCara.com – Kulit yang kusam dan keriput meupakan hal yang tidak diinginkan sebagian besar wanita. Namun semakin bertambahnya usia, kulit akan mengendur karena kelembapan yang dihasilkan kelenjar pelumnas dan daya elastis serabut kulit yang semakin berkurang.

Sementara itu, ada juga wanita yang usianya belum terlalu tua tapi kulit wajahnya terlihat tua. Hal itulah yang sangat tidak ingin dialami oleh sebagian besar wanita. Memiliki kulit wajah yang kusam dan keriput menjadi tidak menarik jika dilihat. Nah, ada cara untuk mencegah penuaan kulit wajah. Bagaimana?

Dilansir Allwomenstalk.com, inilah cara mencegah penuaan kulit wajah:

1. Memakai pelembap

Untuk mendapatkan kulit yang selalu sehat, Anda disarankan harus rajin melakukan perawatan kulit wajah. Caranya mudah yaitu dengan memberikan pelembap kulit setelah mandi. Saat terbaik mengoleskan pelembap adalah 3-5 menit setelah mandi. Tujuannya adalah agar kelembapan kulit lebih maksimal dan tahan lama.

2. Memakai tabir surya

Pastikan juga Anda mengoleskan tabir surya sebelum ke luar ruangan. Sinar ultraviolet akan merusak jaringan kulit, seperti mengubah warna menjadi lebih gelap dan terbakar. Jika Anda tak mengoleskan tabir surya, maka kulit wajah akan terlihat kusam dan penuaan dini bisa dialami.

3. Masker wajah

Selain memakai pelembap dan tabir surya, untuk mencegah penuaan kulit Anda juga disarankan agar rutin menggunakan masker buah. Maskerlah wajah Anda secara rutin, seminggu sekali dengan menggunakan berbagai jenis buah. Masker buah sangat bermanfaat untuk kecantikan wajah. Berbagai buah yang Anda bisa jadikan masker, seperti mentimun, bengkoang, tomat, atau alpukat.

4. Mengonsumsi kalsium

Kalsium bermanfaat untuk membangun tulang dan gigi yang kuat. Selain itu, mengonsumsi kalsium juga sangat disarankan agar penuaan kulit tidak Anda alami dengan cepat. Kulit membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan kulit baru. Anda bisa mengonsumsi makanan yang sangat kaya akan kalsium, seperti susu, keju, yoghurt, dan produk turunan susu lainnya.

5. Mengonsumsi makanan yang mengandung estrogen alami

Makanan yang mengandung estrogen alami juga bisa Anda konsumsi untuk mencegaah penuaan kulit. Anda bisa tambahkan berbagai jenis makanan yang mengandung estrogen alami ini ke dalam menu harian, seperti tempe, tahu, bawang putih, gandum, kacang kedelai, kacang merah, oatmeal, dan lain sebagainya.

6. Mengonsumsi sayuran

Jika ingin mencegah penuaan kulit wajah, maka Anda perlu menghindari berbagai jenis makanan olahan dan junk food. Alangkah baiknya untuk menambah jenis sayuran setiap kali Anda makan. Anda bisa mengonsumsi sayuran antioksidan, seperti kacang-kacangan, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Manfaat mengonsumsi antioksidan yaitu untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

7. Meminum air putih yang cukup

Mengonsumsi air putih yang cukup dalam per harinya bisa menjaga kelembapan kulit wajah Anda. Sebaliknya, jika Anda tidak sering meminum air putih, maka kulit akan terlihat kering dan kusam. Untuk itu, konsumsilah air putih sebanyak 2 liter per harinya untuk mendapatkan kulit yang lembap.

8. Mengonsumsi suplemen antioksidan

Selain mengonsumsi sayuran yang mengandung antioksidan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen antioksidan, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B-kompleks dan beberapa minereal seperti selenium seng.

9. Berolahraga

Tak ada gunanya jika Anda menerapkan itu semua tanpa berolahraga. Untuk itu, Anda perlu berolahraga agar melancarkan peredaran darah atau getah bening sehingga asupan nutrisi dan oksigen pada sel-sel lebih baik serta mempercepat pembentukan sel-sel kulit yang baru. Berolahragalah minimal seminggu 3 kali dengan menggerakkan otot tubuh, seperti jalan cepat, jogging, senam aerobik, dan berenang.

Itulah pencegahan yang bisa Anda lakukan agar kulit wajah tidak terlihat kusam. Jika ingin memperoleh wajah yang sehat dan berseri, maka terapkan cara di atas. Selain itu, biasakan juga untuk menerapkan pola hidup sehat agar tubuh dan kulit wajah selalu sehat. (NR)

Comment di sini