CiriCara: Cara Mengusir Stres Saat Menganggur

by
December 20th, 2012 at 10:10 am

CiriCara.com – Hati gundah gulana saat menjadi pengangguran. Perasaan bosan pastinya akan menghampiri Anda ketika belum memiliki pekerjaan baru. Rasa bosan tersebut seharusnya segera diatasi agar tidak berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Sangatlah penting untuk bisa mengatasi emosi saat menganggur. Tujuannya adalah agar semangat Anda tetap menyala sehingga bisa mendapatkan pekerjaaan baru. Untuk itu, Anda harus segera mengusir stres itu dengan cara yang tepat. Bagaimana?

Inilah cara mengusir stres saat menganggur:

1. Memperbaiki surat lamaran dan CV

Salah satu cara mengusir stres saat menganggur yaitu dengan memperbaiki surat lamaran dan CV Anda. Surat lamaran dan CV sangat penting Anda buat untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Daripada stres karena belum juga mendapatkan pekerjaan, lebih baik Anda perbaiki surat lamaran dan CV yang terdahulu. Buat semenarik mungkin agar Anda cepat mendapatkan pekerjaan yang baru.

2. Membangun jaringan

Saat sedang menganggur, bukan berarti Anda harus berdiam diri di rumah saja. Selain mencari pekerjaan melalui media online, Anda juga harus berani membangun jaringan dengan orang lain. Bertanyalah kepada teman-teman yang lebih berpengalaman untuk diajak berbicara mengenai pekerjaan. Cara ini bertujuan agar Anda mendapatkan radar, terutama dalam lingkungan kerja. Selain itu, dengan membangun jaringan Anda juga akan bisa mendapatkan pengalaman baru dari orang lain dalam dunia kerja.

3. Tetap berusaha

Walaupun Anda sedang menganggur, namun tetap berusahalah untuk mengirimkan surat lamaran dan CV ke beberapa perusahaan. Jangan malah malas-malasan di rumah dan tidak berjuang untuk mendapatkan pekerjaan kembali. Anda bisa mengirimkan surat lamaran dan CV 10 atau 20 untuk mendapatkan satu panggilan.

4. Tetap menjalankan rutinitas

Menganggur bukan berarti untuk bermalas-malasan. Namun, Anda harus tetap menjalankan rutinitas. Lakukanlah berbagai kegiatan positif yang bisa membuat hidup Anda tetap merasa bahagia. Anda bisa berolahraga pada pagi hari untuk membantu tetap bugar secara mental dan fisik sehingga membantu prospek kerja nantinya.

5. Tetap menyibukkan diri

Anda juga harus tetap menyibukkan diri untuk terus berusaha agar mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan sesuai yang diinginkan. Namun, saat sedang menganggur ini jangan Anda jadikan beban. Pergilah ke luar untuk bertemu dengan teman-teman lama.

6. Mencoba untuk berwirausaha

Sambil menunggu diterima kerja, Anda bisa mengisi waktu luang dengan berwirausaha. Banyak jenis wirausaha yang bisa Anda pelajari dan coba. Misalnya, berjualan pulsa, membuka butik, membuka warung makan kecil-kecilan, dan usaha lainnya. Siapa tahu usaha Anda berkembang pesat sehingga memberikan penghasilan yang besar.

Itulah cara mengusir stres saat menganggur. Jika menganggur Anda jadikan beban hidup, maka tak akan ada semangat untuk mendapatkan pekerjaan yang baru dan lebih baik. Untuk itu, Anda harus tetap semangat dan berusaha agar cepat mendapatkan pekerjaan. (NR)

Comment di sini