CiriCara: Ciri-ciri Hubungan yang Tidak Sehat

by
December 20th, 2012 at 4:35 pm

CiriCara.com – Tidak semua hubungan yang dijalani itu berjalan mulus atau selalu baik-baik saja. Baik itu hubungan pertemanan, persahabatan, bahkan percintaan. Semua hubungan itu pasti ada saja pertengkarannya.

Namun, pertengkaran yang menghiasi sebuah hubungan itu sebaiknya harus segera diselesaikan agar tak menjadi besar. Beberapa hubungan yang terjalin itu bisa saja berdampak positif atau malah negatif. Namun, beberapa hubungan yang negatif itu bisa merugikan diri sendiri.

Untuk itu, kamu harus segera mengakhiri hubungan itu jika sudah tidak sehat dan merugikan. Lalu, bagaimana cara mengetahui hubungan yang terjalin itu sehat atau tidak. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak ciri-ciri hubungan yang tidak sehat berikut ini:

1. Adanya permusuhan

Setiap kali bersamanya kamu merasa tidak nyaman. Si dia atau mereka membuat kamu stres, tegang,  dan tak mampu mengekspresikan diri sesuai yang diinginkan. Jika sudah begitu, maka petanda bahwa hubungan yang terjalin itu sudah tidak sehat lagi. Alangkah baiknya untuk membebaskan diri dan mengakhiri hubungan tersebut.

2. Kritik dan penghinaan

Apakah teman, sahabat, atau kekasih terlalu sering mengkritik Anda? Apakah mereka membuat kamu merasa tidak berguna? atau yang kamu lakukan tidak bisa membuat mereka senang dan bahagia? Jika iya, maka petanda bahwa kamu sedang menjalin hubungan yang tidak sehat. Hubungan yang semacam itu tidak akan ada manfaatnya buat kamu.

3. Menghindari kamu

Mereka atau dia sering menghindari kamu tanpa alasan yang jelas. Selain itu, saat dimintai tolong, mereka juga mengeluh dan terlalu banyak menuntut.Jika teman, sahabat, atau pacar berperilaku seperti itu, maka hubungan itu tidak akan berhasil untuk ke depannya.

4. Terlalu kaku

Teman, sahabat, atau pacar kamu tak mau mendengar saran dari kamu. Walaupun mendengar, tapi mereka tak mau menanggapinya. Orang yang terlalu kaku dan tak peduli dengan segala pendapat itu akan membuat kamu merasa kesepian.Alangkah baiknya untuk segera mengakhiri hubungan tersebut.

5. Memberi julukkan buruk

Mereka selalu memberikan julukkan buruk kepada kamu. Terutama jika kata-kata dan julukkan tersebut digunakan untuk menyakiti hati kamu.Hal tersebut mereka lakukan karena tidak suka atau malah ingin bertengkar dengan kamu. Bertahan dengan situasi seperti itu hanya akan melukai hati kamu saja.

6. Merasa tak jadi diri sendiri

Saat sedang bersamanya, kamu merasa tak jadi diri sendiri. Kamu merasa takut untuk mengungkapkan pendapat kepada mereka. Selain itu, pendapat apapun yang kamu berikan hanya membuat mereka marah. Jika sudah begitu, maka akhiri saja hubungan yang sudah terjalin itu. Untuk apa menjalin hubungan jika tak menjadi diri sendiri. Karena hanya membuat sakit hati kamu saja.

7. Terlalu mendikte

Pasangan selalu mendikte kamu. Misalnya, selalu membatasi pertemanan, memutuskan berkarier dimana, dan hal lainnya. Padahal, orangtua kamu saja tak melakukan itu. Jika kamu terus dikekang olehnya, maka akan membuatnya merasa senang tapi membuatmu sakit hati. Untuk itu, segera akhiri saja hubungan yang seperti itu.

8. Sering membuat kamu bersalah

Sahabat, teman, atau pasangan selalu membuat kamu merasa bersalah. Seolah-olah kamu berhutang budi dan sejuta kata maaf padanya. Dengan adanya perasaan bersalah itu, mereka akan mempermainkan dan menyetir kehidupan kamu. Jika terjadi hal yang seperti itu, maka segera putuskan hubungan dengannya. Itulah ciri-ciri hubungan yang tidak sehat. Jika kamu merasa ada ciri tersebut dalam hubungan, maka alangkah baiknya dicari solusinya terlebih dahulu. Namun, jika mereka tak mau terbuka juga, maka segera akhiri saja hubungan tersebut karena hanya membuat hati kamu sakit. (NR)

Comment di sini