Australia Waspada Hantaman Tsunami Besar

by
December 21st, 2012 at 4:37 pm

Sidney (CiriCara.com) – Australia pernah dianggap sebagai salah satu benua yang paling aman dari ancaman bencana geologis. Namun anggapan ini salah karena Negeri Kanguru ini sedang dihantui tsunami besar. Sebabnya?

Dilansir dari Republika.co.id, sebuah lempengan besar di dasar laut dekat dengan Great Barrier Reef ternyata sedang berada di tahap awal keruntuhan. Jika lempengan tersebut runtuh maka tsunami besar akan terjadi di sekitarnya.

Para geologis dari Universitas James Cook, Australia telah menemukan puluhan lembah laut di bagian dasar Great Barrier Reef pada tahun 2007 lalu.

Dan yang paling mengejutkan, akhir-akhir ini mereka telah menemukan lempengan sebesar satu kilometer kubik di bawah laut yang merupakan hasil sisa longsoran bawah laut.

“Tanah longsor di bawah laut merupakan proses geologi yang dipahami dengan baik, tapi kami tidak tahu hal itu bisa terjadi di Barrier Reef,” kata Geologis, Robin Beaman seperti dikutip oleh Republika.co.id dari news.sky.com, Jumat 21 Desember 2012.

Lempengan yang diteliti itu berada di atas ngarai laut dan sedang berada di tahap awal keruntuhan. Runtuhnya lempengan tersebut tidak diketahui oleh para ilmuwan namun mereka memastikan keruntuhan akan terjadi walau kondisinya masih stabil.

Jarak runtuhan itu diperkirakan sebesar satu kilometer yang akan menimbulkan tsunami lokal dan berdampak pada pantai Queensland sampai jarak 40 mil.

Apabila tsunami ini terjadi dalam waktu dekat tanpa bisa diprediksi lebih dulu, maka kemungkinan besar dampaknya akan sehebat dampak tsunami yang pernah terjadi di Jepang, Maret 2011 silam. (RN)

Comment di sini