CiriCara: Cara Atasi Kerusakan Rambut dengan Masker Buah

by
December 21st, 2012 at 4:00 pm

CiriCara.com – Beberapa wanita mengalami kerusakan rambut yang berbeda-beda. Ada wanita yang mengeluh karena rambutnya rontok, berketombe, kering, dan permasalahan rambut lainnya. Terkadang, permasalahan rambut tersebut membuat jengkel dan rasanya ingin segera memotongnya saja.

Shutterstock

Namun, jangan mengambil tindakan seperti itu dahulu karena Anda bisa mengatasinya sendiri di rumah. Bukan hanya salon yang bisa membuat rambut Anda menjadi lebih sehat, indah, dan bersinar. Namun, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan buah dan bahan alami lainnya.

Mau tahu bagaimana cara mengatasinya? Dilansir Timesofindia.Indiatimes.com, inilah cara atasi kerusakan rambut dengan masker buah yang bisa Anda lakukan:

1. Rambut kering

Seorang wanita yang memiliki rambut kering biasanya akan kaku dan bercabang. Rambut yang kering biasanya disebabkan karena pewarnaan berlebihan atau menggunakan alat-alat styling pada rambut. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan masker buah. Anda bisa memakai buah pisang untuk dijadikan masker.

Caranya, pakai satu buah pisang, dua cangkir pepaya halus, dua sendok makan bubuk daun intaran, dan satu cangkir air hangat. Campurkan semua bahan tersebut dan Anda bisa gunakan untuk dijadikan masker rambut. Jika ingin rambut nampak berkilau, maka Anda bisa mencampurkan satu cangkir bir.

2. Rambut berketombe

Rambut berketombe adalah salah satu permasalahan rambut yang membuat jengkel beberapa wanita. Adanya ketombe di rambut tentunya membuat kulit kepala terasa gatal. Jangan khawatir akan hal itu karena Anda bisa mengatasinya dengan cara membuat masker buah. Sediakan dua jus gooseberry, satu sendok teh jus lemon, dan satu cangkir yoghurt. Campurkan semua bahan tersebut, kemudian jadiakan masker untuk rambut Anda.

3. Rambut rontok

Kerontokan rambut sering dialami oleh sebagian besar wanita. Hal tersebut dikarenakan tidak cocok dengan sampo yang dipakai atau mungkin karena terlalu sering mengeramasi rambut. Jika Anda mengalami permasalahan rambut seperti itu, maka segeralah mengatasinya dengan menggunakan masker rambut.

Sediakan satu buah alpukat, satu sendok makan bubuk fenugreek, satu sendok makan teh hijau, dan setengah cangkir air hangat. Campurkan semua bahan tersebut dan usapkan pada rambut. Usapkan masker ini dari akar hingga ujung rambut untuk membuat rambut lebih kuat.

4. Rambut kusut

Rambut yang kusut tentunya akan tidak indah jika dilihat. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencampurkan bahan-bahan, seperti setengah cangkir lemon manis dan tiga sendok makan bubuk hibiscus. Campurkan bahan-bahan tersebut dan usapkan ke brambut Anda.

5. Rambut rusak karena bahan kimia

Terlalu banyak menggunakan bahan kimia pada rambut juga bisa bikin rambut Anda rusak. Untuk mengatasi rambut rusak karena bahan-bahan kimia, Anda bisa menggunakan dua buah pisang, satu kuning telur, dan satu sendok teh jus lemon. Campurkan kedua bahan tersebut dan usapkan ke rambut Anda.

Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kerusakan rambut. Jika Anda rutin melakukannya, setidaknya dua minggu sekali, maka permasalahan pada rambut tersebut bisa segera teratasi. Bagaimana, Anda mau mencobanya di rumah? (NR)

Comment di sini