CiriCara: Cara Agar Kantung Tak Jebol Jelang Akhir Tahun

by
December 23rd, 2012 at 11:00 am

CiriCara.com - Hari Natal bagi umat Nasrani sudah semakin dekat, semakin sedikit pula waktu untuk mempersiapkan perayaan. Meski bukan umat Nasrani, namun sebagian besar orang tetap saja merayakannya sebagai liburan karena berdekatan dengan tahun baru.

Semua keperluan perayaan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi setelah Natal diikuti oleh Tahun Baru. Artinya, biaya yang harus Anda keluarkan pun semakin membengkak. Oleh karen itu Anda harus mengatur anggaran secara matang agar kantung tidak jebol jelang akhir tahun. Bagaimana caranya?

1. Buat daftar belanja

Jauh sebelum hari “H” Anda harus sudah memikirkan apa saja yang dipersiapkan untuk menyambut Natal. Pastikan untuk membuat daftar belanja yang harus Anda beli. Daftar belanja bisa mengurangi pembengkakan biaya yang mungkin terjadi karena ada sesuatu di luar rencana seperti Anda tiba-tiba menginginkan sepatu ketika melihat sepatu bagus. Buat komitmen untuk berbelanja sesuai daftar dan penuhilah komitmen tersebut.

2. Belanja jauh hari sebelumnya

Biasanya harga barang naik menjelang hari besar atau perayaan tertentu. Bila Anda tidak membeli barang-barang yang diperlukan jauh-jauh hari, bisa-bisa Anda harus merogoh kocek lebih dalam ketika berbelanja menjelang hari-hari terakhir.

Anda tidak perlu membeli semua jauh hari sebelumnya. Belilah yang sekiranya memang harus Anda persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan demikian, selain lebih hemat, Anda juga tidak harus repot karena terlalu banyaknya barang yang harus dibeli.

3. Belanja online

Toko online menjadi alternatif yang sempurna bagi Anda yang tak mau repot keluar rumah untuk belanja. Dengan belanja di toko online, Anda bisa dengan mudah membandingkan harga suatu barang di satu toko dengan barang yang sama di toko lain.

Anda cukup berada di depan layar monitor laptop, tablet, atau ponsel pintar.  Namun, Anda juga harus bisa mengendalikan diri untuk berbelanja online, sebab dengan banyaknya barang-barang bagus yang ditawarkan bisa membuat Anda tergoda sehinnga malah membuat anggaran Anda semakin membengkak.

4. Belanja dengan uang tunai

Jika Anda memiliki kartu kredit, sebaiknya Anda tidak menggunakannya untuk urusan belanja yang satu ini. Bawalah uang tunai sesuai kebutuhan belanja. Ketika berbelanja menggunakan kartu kredit, godaan untuk berbelanja melebihi anggaran semakin besar.

Anda harus dapat mengontrol keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak perlu. Belilah barang yang memang diperlukan, bukan diinginkan.

5. Kreatif

Tidak semua hal harus dibeli dengan uang. Jika Anda bisa mendapatkan sesuatu tanpa harus membelinya itu akan lebih baik. Contohnya, membuat pernak-pernik untuk menghiasai pohon natal, kado dari kerajinan tangan, kue buatan sendiri, ataupun baju jahitan sendiri itu akan menjadi membuat Anda lebih hemat dan sekaligus mengasah kreativitas.

Menarik, bukan? Tidak ada salahnya Anda mencoba tips-tips tersebut untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum hari Natal dan Tahun Baru. Selain itu, Anda juga dapat menyisihkan uang untuk berbagai keperluan yang lebih penting sesuai kebutuhan Anda. (CT)

Comment di sini