CiriCara: Cara Melepas Stres Selama Liburan

by
December 24th, 2012 at 12:00 pm

CiriCara.com - Musim liburan selalu menjadi dambaan tiap orang setelah mengalami rutinitas tekanan batin yang berkelanjutan seperti tuntutan pekerjaan, pelajaran, urusan rumah tangga, dan yang lainnya.

Kegiatan yang sama dilakukan secara terus menerus setiap hari membuat tingkatan stres kita memuncak, belum lagi beragam masalah yang tiba-tiba muncul ditengah-tengah kesibukan kita. Untuk meminimalisirnya kita dapat mempertimbangkan beberapa tips berikut.

1. Hindari keramaian

Ada begitu banyak alasan untuk berbelanja, baik secara online maupun secara langsung selama musim liburan. Namun, penting bagi Anda untuk menghindari keramaian kota seperti lalu lintas, panjangnya antrian atau keramaian lainnya. Menghindari keramaian akan mengurangi stres karena seringnya bertemu dengan beragam orang bisa membuat emosi kita berubah-ubah.

2. Luangkan waktu untuk relaksasi

Banyaknya kesibukan membuat Anda terkadang lupa waktu untuk mengistirahatkan pikiran. Lebih baik luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang merilekskan pikiran seperti pijat, yoga, meditas atau menikmati mandi.

Aktivitas tersebut memiliki pengaruh besar untuk mengurangi stres dan memulihkan kondisi fisik dan mental. Jika memang sampai tidak ada waktu untuk itu, setidaknya luangkan waktu untuk bersantai selama beberapa saat dan jangan pikirkan segala masalah untuk sementara.

3. Bersenang-senang

Ada banyak kegiatan yang dapat mengurangi ketegangan Anda seperti berlibur ke taman satwa, pergi ke taman rekreasi ataupun yang lainnya sehingga membuat Anda lebih bahagia dari sebelumnya. Jika memang Anda tidak memiliki tujuan mau berlibur ke mana, cobalah pergi untuk menonton film komedi dengan teman-teman ataupun pasangan. Tertawalah untuk melupakan stres yang menghinggapi.

4. Pola hidup sehat

Pola hidup sehat dapat membuat Anda lebih merasa bahagia seperti berolahraga yang cukup, tidur secara teratur dan makan makanan yang bergizi. Dengan demikian, kemungkinan besar stres mulai berkurang seiring waktu. Aktif bergerak membuat pikiran kita lebih rileks dan diimbangi dengan tidur yang cukup membuat kita lebih bertenaga.

5. Prioritaskan secara tepat

Anda harus memilih mana hal yang lebih berguna dan mana yang kurang berguna semasa liburan Anda. Jangan sampai aktivitas Anda semasa liburan malah menambah stres. Anda harus berani mengatakan tidak jika diajak untuk hal-hal yang tidak penting kecuali liburan yang dapat mengurangi stres.

Selain itu, komitmen juga dibutuhkan, atur jadwal sebaik mungkin sehingga Anda memiliki waktu untuk berelaksasi. Utamakan juga kepentingan yang Anda anggap penting sehingga tidak membuang waktu liburan Anda.

Untuk melepas stres selama liburan Anda hanya perlu melakukan tips-tips tersebut. Biarkan pikiran Anda bebas tanpa keterikan akan rutinitas sehari-hari. Jangan sampai waktu berlibur Anda terbuang sia-sia untuk melakukan kegiatan yang tidak menguntungkan bagi Anda. Selamat berlibur! (CT)

Yahoo Shine

Comment di sini