CiriCara: Cara Menjaga Berat Badan Saat Libur Natal

by
December 25th, 2012 at 12:00 pm

CiriCara.com – Natal merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Suasana Natal semakin semarak jika dirayakan bersama orang-orang yang disayangi. Tak heran, banyak hidangan makanan yang disajikan sehingga membuat selera makan Anda bertambah.

Menuruti nafsu makan selama Natal tentunya akan membuat berat badan Anda naik. Untuk itu, jangan biarkan nafsu makan membutakan Anda dan akhirnya membuat berat badan Anda malah naik drastis. Tidak mau kan hal tersebut terjadi pada Anda? Ada cara untuk menghindari berat badan berlebih selama Natal. Bagaimana?

Dilansir Boldsky.com, inilah 5 cara menjaga berat badan saat libur Natal:

1. Makan lebih sedikit

Agar tidak kelebihan berat badan selama libur Natal, Anda disarankan untuk bisa mengontrol nafsu makan. Jika Anda sedang menjalankan diet, maka makanlah berbagai jenis kue dan makanan lebih sedikit dari porsi biasanya. Dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil, Anda sudah menerapkan pola diet sehat dan berat badan pun tidak naik selama libur Natal.

2. Mengunyah makanan secara perlahan

Mengunyah makanan secara terburu-buru membuat seseorang jadi makan lebih banyak. Sebaliknya, jika Anda mengunyah makanan secara perlahan, maka perut akan terasa lebih kenyang walaupun hanya makan sedikit. Mengunyah makanan secara perlahan juga menjadi rahasia para wanita Prancis mengapa tubuhnya tetap langsing.

3. Mengonsumsi makanan berprotein

Pada saat Natal, nantinya Anda akan berkunjung ke rumah kerabat. Namun, sebelum pergi Anda disarankan untuk memakan makanan yang mengandung protein tinggi. Alasanya adalah agar Anda tidak terlalu banyak makanan yang memiliki banyak lemak. Makanan yang berprotein tinggi akan membuat Anda merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

4. Mengonsumsi buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan bisa membantu membakar lemak di tubuh dengan mudah. Jika Anda ingin menghindari kenaikan berat badan selama libur Natal, maka sertakan buah-buahan, seperti lemon, jeruk nipis, dan jeruk ke dalam menu harian. Anda bisa mengonsumsi jenis jeruk itu dalam bentuk jus atau minuman hangat.

5. Berolahraga

Liburan bukanlah waktunya untuk bermalas-malasan. Anda harus tetap menggerakkan tubuh atau beraktivitas agar tidak ada lemak di tubuh. Untuk itu, luangkanlah waktu untuk berolahraga di pagi hari. Dengan begitu, berat badan Anda tidak akan saat libur Natal nanti.

Itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan agar berat badan tidak naik saat libur Natal nanti. Walaupun di hari Natal nanti akan ada banyak makanan yang enak, namun Anda harus tetap bisa mengontrol makan. Jika tidak, maka saat masuk kerja atau kuliah nanti berat badan Anda malah bertambah. (NR)

Comment di sini