10 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Wawancara Kerja

by
December 26th, 2012 at 10:16 am

CiriCara.com - Banyak orang yang ingin segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, berbagai cara telah dilakukan, seperti mengirimkan surat lamaran dan CV ke berbagai perusahaan.

Untuk mendapatkan panggilan tersebut, biasanya Anda akan menunggu sekitar dua minggu. Jika telah dihubungi. maka perusahaan meminta Anda untuk datang dan mengikuti beberapa prosedur. Prosedur yang harus Anda ikuti yaitu mulai dari tes psikotes hingga wawancara.

Jika Anda sudah masuk dalam tahap wawancara kerja, maka perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini yang dicuplik dari Savvysugar.com:

1. Jangan lupakan sarapan

Sarapan merupakan hal yang penting Anda lakukan sebelum melakukan wawancara kerja. Konsumsilah berbagai makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Selain itu, pada malam harinya Anda juga disarankan untuk membatasi kafein. Tujuannya adalah agar Anda bisa tidur lebih nyenyak dan tidak gelisah.

2. Mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan

Agar tidak panik pada pagi harinya, sebelumnya Anda harus mempersiapkan perlengkapan yang akan dibutuhkan. Mislanya, surat lamaran dan CV, pakaian, dan perlengkapan lainnya.

3. Memilih sepatu yang tepat

Pastikan Anda sudah memilih sepatu yang tepat untuk dikenakan saat wawancara kerja nanti. Jika Anda akan pergi dengan menggunakan kendaraan numun, maka jangan langsung memakai sepatu yang akan dipakai wawancara kerja nanti. Tujuannya adalah agar sepatu itu tidak rusak dan kotor saat wawancara kerja nanti.

4. Menyiapkan peralatan dandan

Peralatan dandan juga perlu Anda siapkan saat ingin mendatangi wawancara kerja. Untuk wanita, Anda perlu membawa cermin dan peralatan dandan, seperti eyeliner dan lipstik. Sedangkan, untuk pria Anda disarankan untuk membawa sisir. Tujuannya adalah agar Anda tetap terlihat lebih segar dan siap menghadapi wawancara kerja tersebut.

5. Menelepon teman dekat

Jika Anda sudah datang satu jam sebelum wawancara kerja itu dimulai, maka teleponlah teman dekat untuk menghilangkan rasa grogi. Berbicalah sesuatu hal yang menyenangkan agar Anda bisa lebih santai. Jangan malah membicarakan mengenai wawancara kerja Anda.

6. Latihan berbicara

Sebelum memulai wawancara kerja, Anda juga bisa latihan berbicara sengan volume pelan. Pastikan juga saat wawancara kerja nanti Anda berbicara dengan penuh semangat dan berenergi. Hal ini sangat penting diterapkan agar saat wawancara kerja nanti Anda terlihat lebih bersemangat.

7. Matikan ponsel

Jangan sampai saat sedang wawancara kerja nanti ponsel Anda berbunyi. Hal ini bisa menunjukkan bahwa Anda tidak profesional dalam bekerja. Alangkah baiknya untuk mematikan ponsel saat akan melakukan wawancara kerja.

8. Meminum air putih

Usahakan Anda meminum air putih beberapa menit sebelum wawancara kerja. Dengan meminum air putih bisa menghilangkan rasa grogi itu dan Anda pun sudah sangat siap meghadapi wawancara kerja. Untuk itu, alangkah baiknya untuk membawa botol air minum dari rumah.

9. Menarik napas dalam-dalam

Beberapa menit sebelum wawancara kerja itu dimulai, Anda juga bisa sedikit melakukan relaksasi. Caranya, dengan menarik napas dalam-dalam melalui hidung dan hembuskan napas perlahan lewat mulut. Melakukan pernapasan ini mampu membantu Anda menenangkan pikiran, mengurangi rasa grogi, dan terhindar dari sakit kepala. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus pada apa yang pewawancara tanyakan.

10. Tersenyum

Senyum merupakan salah satu hal penting yang harus Anda lakukan saat wawancara kerja. Dengan tersenyum, pewawancara akan senang melihat Anda. Namun, tetap tunjukkan keseriusan Anda menghadapi wawancara kerja tersebut. Selain itu, Anda juga harus bisa meningkatkan daya tarik pada si pewawancara.

Itulah 10 hal yang harus dilakukan sebelum wawancara kerja. Jika 10 hal tersebut diterapkan, maka kemungkinan besar Anda akan sukses saat wawancara kerja nanti. Selain itu, perhatikan juga bahasa tubuh yang harus Anda lakukan saat wawancara kerja karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 55 persen komunikasi berasal dari bahsa tubuh. (NR)