CiriCara: Cara Cerdas Menata Rak Buku

by
December 26th, 2012 at 11:16 am

CiriCara.com – Ada pepatah yang berbunyi, “Buku adalah gudang ilmu, membaca adalah kuncinya”. Namun, hanya beberapa orang yang melakukannya dan menyukai kegiatan yang satu ini.

Beberapa orang yang menyukai membaca, biasanya memiliki banyak koleksi buku di rumahnya. Lalu, apakah Anda termasuk seseorang yang kutu buku dan banyak mengoleksi buku di rumah?

Memiliki banyak koleksi buku di rumah terkadang membuat Anda kesulitan untuk mencarinya. Hal tersebut dikarenakan Anda tidak cerdas menata atau merapikannya. Koleksi buku yang ada di rak seharusnya ditata dengan baik agar terlihat rapi dan menarik.

Bagaimana cara menata buku dengan baik? Dilansir Timesofindia.Indiatimes.com, inilah 4 cara cerdas menata rak buku:

1. Memilah-milah buku

Buku-buku yang akan diletakkan di rak Anda harus memilah-milah terlebih dahulu. Kosongkan dahulu rak buku Anda dan pikirkan apakah rak buku tersebut mampu menampung semua buku-buku Anda atau tidak. Setelah itu, pilihlah buku-buku yang sudah tidak dibaca lagi. Misalnya, buku saat ,asih kanak-kanak atau buku yang sudah rusak. Anda bisa menjual atau memberikannya kepada orang lain.

2. Membuat kategori

Setelah Anda memilih buku mana saja yang akan diletakkan di rak, sekarang saatnya untuk membuat kategori. Anda bisa membuat kategori berdasarkan pengarang vatau penulis, berdasarkan kategorifiksi atau non-fiksi, dan kategori lainnya. Tujuan membuat kategori adalah untuk memudahkan Anda saat mencarinya. Selain itu, penataan buku juga lebih terlihat teratur.

3. Perhatikan tata letaknya

Untuk tata letak buku, Anda harus meletakkan buku berat di bagian bawah dan buku yang lebih ringan di bagian atas. Setelah itu, mulailah menata buku secara vertikal. Hadapkan bagian pinggir buku ke depan sebingga Anda bisa membaca judul buku dengan jelas.

4. Membersihkan secara teratur

Setelah semua buku-buku yang Anda miliki sudah tertata dengan baik, jangan lupa juga untuk rajin membersihkannya. Anda bisa menggunakan vacum cleaner kecil untuk menghilangkan debu-debu yang menempel di buku dan rak. Dengan rajin membersihkannya, buku dan rak buku tersebut tetap terjaga kebersihannya dan Anda pun merasa nyaman jika ingin membacanya.

Itulah cara merapikan buku-buku yang ada di rak. Jika Anda memiliki banyak koleksi buku-buku mulai dari fiksi dan non-fiksi, maka alangkah baiknya untuk ditata dengan baik. Penataan buku dengan baik bisa memudahkan Anda untuk mencarinya. Bagaimana, Anda mau menata koleksi buku-buku yang dimiliki? (NR)

Comment di sini