CiriCara: Cara Memilih Laptop Yang Tepat

CiriCara - Sepanjang tahun 2012 ini, sudah banyak sekali produk teknologi yang hadir di sekitar kita, mulai dari ponsel-ponsel baru, komputer, laptop, ataupun tablet PC. Semua itu sudah semakin variatif, baik dari segi kemampuan maupun harganya. Tentu saja, bagi orang-orang yang awam di bidang teknologi akan mengalami kesulitan dalam memilih gadget yang tepat bagi mereka. Salah satunya tentu saja, saat mereka harus memilih laptop. Kadang, orang yang tidak mengerti hanya akan memilih laptop dengan pola pikir “yang penting mahal, pasti bagus”, padahal hal tersebut belum tentu benar.

Dengan harga yang mahal, memang betul, kita akan mendapatkan laptop dengan kemampuan yang mumpuni. Tapi permasalahannya, apa betul kita membutuhkan laptop dengan spesifikasi seperti itu? Tidak banyak orang yang salah memilih laptop untuk mereka beli, dan akhirnya mereka seperti membuang uang begitu saja. Untuk itulah, kami mencoba untuk memberikan beberapa tips yang bisa kamu perhatikan sebelum membeli laptop baru.

1. Tentukan Batas Dana Kamu

Tentu saja, semua orang tanpa terkecuali, harus menentukan terlebih dulu, seberapa besar uang yang mereka perlu sediakan untuk membeli sebuah laptop. Jangan paksakan dirimu untuk membeli sebuah laptop hanya karena berpikir laptop itu harganya mahal, maka pasti kemampuannya juga sangat baik. Hal tersebut bukanlah hal yang tepat untuk dijadikan landasan dalam perencanaan membeli laptop. Jika misalnya dana yang kamu punya berada di kisaran 5 juta rupiah, maka carilah laptop yang berada di kisaran harga tersebut.

2. Pertimbangkan beratnya

Perlu diingat, laptop pada dasarnya berarti komputer portabel, komputer yang bisa dijinjing dengan mudah kemanapun kamu pergi. Hal itu dengan kata lain, tentu saja, laptop yang dibeli haruslah memiliki ukuran berat yang tidaklah terlalu berat. Berat pada laptop bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti besar monitornya, ataupun ketebalannya. Jangan pernah membeli laptop yang sangat berat karena itu akan mengakibatkan bukannya senang karena membawa laptop kemana-mana, melainkan sebal karena laptop tersebut sangat berat. Dan perlu diingat juga, membawa beban yang terlalu berat untuk jangka waktu lama tentu berdampak tidak baik pada kondisi tubuh.

3. Lihat bentuk desainnya

Bagi beberapa orang, desain pada laptop juga memegang peranan penting dalam memilih sebelum membeli. Hal tersebut tidaklah salah. Dengan memiliki laptop berdesain menarik, tentu secara tidak langsung akan meningkatkan rasa percaya dirimu serta kenyamanan dalam menggunakan laptop tersebut untuk jangka waktu yang lama. Walaupun laptop memiliki bentuk yang rata-rata mirip, tentu saja, sekarang ini para produsen laptop sudah memberikan sentuhan khas mereka pada produk mereka, baik itu disukai maupun tidak oleh masyarakat.

4. Daya tahan baterainya

Ya, betul. Ketika kamu menggunakan laptop, tentu saja kamu tidak mau direpotkan untuk mengisi ulang baterai tersebut setiap satu jam pemakaian, bukan? Karena itulah, sangat penting jika sebelum membeli laptop, kamu cari tahu terlebih dahulu, berapa lama baterai pada laptop tersebut bisa bertahan.

5. Pikirkan apa yang kamu mau lakukan dengan laptop tersebut

Mudahnya seperti ini, jika kamu mau memakai laptop tersebut untuk bermain game 3D terbaru, maka mau tidak mau, kamu harus membeli laptop khusus gaming yang harganya selangit. Harga laptop-laptop jenis tersebut berbeda cukup jauh dengan laptop-laptop standar. Karena itu, jika kamu butuh laptop hanya untuk mengerjakan tugas kuliah sehari-hari, browsing di Internet, ataupun hanya memainkan game pada browser, tentu, kamu hanya memerlukan laptop standar yang harganya masih sangat terjangkau.

6. Baca review di Internet

Tentu saja, kamu harus rajin-rajin mencari review dari orang-orang yang sudah menggunakan laptop tersebut. Jangan hanya percaya pada apa yang tertulis di lembar detil spesifikasi laptop tersebut, karena terkadang, biarpun mereka memiliki spesifikasi yang sama dengan laptop lain, justru laptop lain bisa memberikan performa yang lebih baik dibandingkan dengan laptop tersebut.

7. Bandingkan harga

Sebelum melakukan pembelian, rajin-rajinlah berkeliling antar toko komputer untuk melakukan perbandingan harga. Hal tersebut mutlak untuk dilakukan, biar tidak rugi dalam membeli. Terkadang ada yang menjual dengan harga lebih murah, tapi juga ada yang lebih mahal. Kadang harga yang lebih mahal tersebut juga sudah memberikan bonus-bonus tertentu. Jika ya, coba lihat lagi, apakah bonus tersebut betul kamu perlukan atau tidak. Jika tidak, buat apa membeli yang lebih mahal? Lebih baik membeli di tempat yang lebih murah bukan? Tapi pastikan juga itu bukanlah sebuah penipuan. Jangan karena melihat banderol harga yang murah lalu kamu langsung membeli begitu saja tanpa memeriksa secara teliti laptop tersebut.

Nah, itu dia tips-tips dari kami. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi kamu dalam memilih dan menentukan laptop baru untuk dibeli nanti. (vv)


comments powered by Disqus