CiriCara: Cara Mudah Membuat Terompet

by
December 26th, 2012 at 4:02 pm

CiriCara.com – Beberapa hari lagi kita akan menyambut tahun 2013. Sebagian besar dari Anda mungkin sudah memiliki rencana untuk merayakan tahun barunya bersama keluarga atau sang kekasih, seperti pergi ke luar kota atau ke luar negeri.

Untuk menyambut perayaan tahun baru itu, biasanya identik dengan terompet dan kembang api. Tak heran, menjelang tahun baru banyak para penjual yang menjajakan terompet di pinggir jalan.

Dengan meniup terompet dan menyalakan kembang api tentunya akan membuat suasana tahun baru semakin semarak. Namun, lebih senangnya lagi jika Anda membuat terompet buatan sendiri. Mengingat harga terompet yang dijual menjelang tahun baru cukup mahal, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktikan:

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

- Botol

- Cutter

- Gunting

- Lakban

- Karet gelang

- Plastik lembaran atau karet balon tiup

Pastikan juga botol yang akan dibuat terompet itu adalah botol plastik dengan ketebalan yang memadai, kekar dan tidak lentur. Misalnya, Anda bisa menggunakan botol plastik bekas dari minuman penambahan ion. Setelah semua peralatan dan bahan tersebut sudah siap, Anda bisa langsung membuatnya.

Cara membuatnya:

1. Anda harus melepaskan tutup botol terlebih dahulu. Lalu, potonglah botol pada bagian tengah hingga terpotong menjadi dua bagian.

2. Setelah botol dipotong menjadi dua bagian, Anda harus membuat lubang pada dasar botol dengan diameter dua kali lebih besar dari diameter mulut botol. Namun, lubang pada dasar botol tidak harus berbentuk lingkaran. Anda bisa membuatnya menjadi bentuk persegi aslakan diameternya lebih besar dari mulut botol.

3. Setelah itu, mulut botol dimasukkan ke dalam potongan botol yang satunya hingga mulut botol sejajar dengan lubang yang telah Anda buat pada dasar botol.

4. Tutup lubang pada dasar dan mulut botol dengan menggunakan lembaran plastik atau karet balon tiup. Pastikan lembaran plastik atau karet balon tiup itu menutupi dengan rapat dasar dan mulut botol. Setelah itu, ikat lembaran plastik atau karet balon tiup itu dengan karet gelang.

5. Tutup rapat celah pada botol dengan menggunakan lakban bening atau berwarna cokelat. Jika tidak rapat menutupnya, maka pantulan getaran akan terganggu sehingga mempengaruhi suara terompet.

6. Terakhir, hiasi terompet dengan kertas hias atau kertas berwarna untuk mempercantik teromper buatan Anda.

Itulah cara mudah membuat terompet dari botol. Suara yang dihasilkan dari terompet botol ini tidak kalah dengan suara terompet yang dijual di pinggir jalan. Bagaimana, Anda mau mencoba untuk membuatnya di rumah? (NR)

Comment di sini