Inilah Lima Ponsel Android Murah Terbaik 2012

by
December 26th, 2012 at 10:02 am

CiriCara – Sobat CiriCara, pergantian tahun menuju 2013 sudah semakin dekat. Nah, sudahkah kamu menyiapkan hadiah bagi orang terdekatmu? Jika belum, dan masih bingung, bagaimana dengan membelikan mereka sebuah gadget? Ya, sekarang ini gadget bisa menjadi pilihan terbaik yang kamu ambil, terutama dengan semakin banyaknya orang-orang yang mencari gadget tersebut.

Pilihan gadget memang sangat beragam, berdasarkan dari macamnya, segi harga, kemampuan, ataupun merk dan sistem operasi yang mereka gunakan. Salah satu sistem operasi yang paling terkenal adalah Android, yang dikembangkan oleh raksasa TI di dunia, Google. Ponsel pintar (smartphone) berbasiskan Android merupakan salah satu jenis ponsel yang paling banyak dicari oleh masyarakat, terutama dengan range harganya yang sangat variatif.

Disini, kami akan membantu kamu dengan memberikan kamu daftar ponsel-ponsel yang menggunakan sistem operasi Android, yang memiliki label harga yang tidaklah mahal. Siapa tahu, dengan membaca artikel ini, kamu bisa mendapatkan ide smartphone mana yang akan kamu beli sebagai hadiah

1. Sony Xperia U

Sony Xperia U

Sony hadir dengan seri Xperia NXT terbarunya pada tahun ini. Selain Xperia S, Sony juga merilis seri U, yang merupakan kelas mainstream, berbeda dengan kakaknya, Xperia S, yang memang ditujukan untuk kelas premium. Tampil dengan dimensi yang hanya sedikit lebih kecil dari Xperia S, seri U ini dibuat tidak hanya dengan kokoh saja, tapi juga memiliki sentuhan warna yang membuatnya lebih pas jika dipakai oleh anak-anak muda. Bagian bawah ponsel ini bisa dilepas, dan ditukar dengan tutup warna lain, seperti merah muda, kuning, hitam, dan putih. Dan untuk warna dasarnya sendiri, ponsel ini hadir dengan dua pilihan warna, yakni hitam dan putih.

Tidak hanya pilihan warnanya saja yang menarik, smartphone yang dijual dengan harga sekitar dua jutaan rupiah ini juga memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni. Dengan layar anti goresnya yang berukuran 3,5 inci, sistem operasi Android Gingerbread (bisa di-upgrade ke Ice Cream Sandwich/Android 4.0), kamu bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android dengan lancar, berkat dukungan prosesor berinti ganda dengan kecepatan hingga 1,5GHz. Kamera 5 megapiksel berada di belakang, dan dengan dukungan Bravia Engine dari Sony, kamu bisa mendapatkan hasil foto yang cukup prima. Sayang, bagi kamu yang narsis, ataupun gemar menyimpan banyak file video, lagu ataupun foto-foto di dalam ponsel, Xperia U hanya memiliki memori internal sebesar 4 GB, tanpa adanya dukungan ekspansi memori.

2. HTC Desire X

HTC Desire X

Produsen ponsel asal Taiwan ini telah meluncurkan banyak sekali ponsel Android pada tahun ini. Salah satunya adalah HTC Desire X. Ponsel yang satu ini, sesuai dengan namanya, merupakan suatu gabungan antara ponsel HTC Desire, yang merupakan ponsel kelas entry mereka, dengan X series, yang merupakan ponsel premium mereka, salah satunya adalah HTC One X. Dan betul saja sesuai dugaan kami, ponsel ini memang dibuat oleh HTC untuk dilepas ke pasaran dengan harga yang cukup murah, mengingat kemampuan dan spesifikasi mumpuni yang ditawarkan oleh smartphone yang satu ini.

Dilepas dengan kisaran harga hanya sekitar 3,1 juta rupiah, ponsel ini sudah dilengkapi dengan layar berukuran 4 inci, dengan kedalaman piksel sampai dengan 480×800 piksel. Tidak hanya itu saja, ponsel ini juga memiliki prosesor berinti ganda dengan kecepatan 1GHz buatan Qualcomm. Tentu saja, dengan prosesor tersebut, kamu bisa menjalankan seluruh aplikasi yang terdapat pada smartphone berbasiskan sistem operasi Android 4.0 ini dengan nyaris tanpa masalah. Ditambah dengan adanya tampilan interface buatan HTC, Sense 4.0, ponsel ini memiliki tampilan yang sangat menarik dan mudah digunakan.

Ditambah dengan berbagai fitur lain seperti kamera 5 megapiksel pada sisi belakangnya, GPS, dan stereo FM radio, ponsel ini menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh sejumlah ponsel Android kelas entry maupun menengah. Ya, biarpun smartphone ini memiliki memori internal yang tidak besar, HTC sudah memberikan kompensasi dengan memberikannya fitur ekspansi dengan adanya slot untuk microSD card.

3. LG Optimus L3

LG Optimus L3

Ya, LG yang bukan merupakan salah satu merk terkenal di dunia telekomunikasi telah berhasil menciptakan sebuah ponsel yang menurut kami pantas untuk diikutsertakan pada daftar ponsel Android murah terbaik tahun ini. Produk mereka tersebut, Optimus L3, adalah sebuah smartphone yang sudah dibekali dengan sejumlah komponen yang membuatnya bisa bertahan dalam persaingan smartphone murah ini.

Yang pertama-tama perlu diperhatikan adalah harganya. LG dengan beraninya mematok harga tidak sampai 1,5 juta rupiah untuk ponsel ini. Sebenarnya hal ini wajar, jika kita menilik pada prosesor yang mereka gunakan. Prosesor Cortex A5 yang mereka gunakan memang memiliki kecepatan yang agak tertinggal dibanding dengan pesaing mereka, yakni hanya 800MHz. Namun ternyata prosesor ini sudah cukup untuk menjalankan sistem operasi Android 2.3 Gingebread dengan cukup lancar.

Tidak hanya itu, ponsel ini juga sudah dilengkapi sejumlah fitur standar khas sebuah smartphone, seperti koneksi nirkbel (wireless), Bluetooth 2.0, dan juga koneksi HSDPA hingga 3,6 Mbps. Memori internal yang dimiliki ponsel ini memang termasuk sangat kecil, hanya 1GB, namun jangan khawatir. Kamu bisa menambah jumlah memorinya dengan menggunakan kartu microSD, dengan kapasitas maksimal hingga 32GB. Tidak adanya kamera depan bukan merupakan masalah besar, karena LG telah mengkompensasinya dengan memberikan ponsel ini kamera belakang 3,15 MP.

4. Samsung Galaxy Y

Samsung Galaxy Y

Samsung dengan deretan seri Galaxy mereka tidak dapat dipungkiri lagi telah menjadi salah satu brand yang mendominasi pasar ponsel Android setahun belakangan ini. Sejumlah ponsel seri Galaxy mereka telah dinilai sebagai yang terbaik di kelasnya, dan salah satunya adalah Samsung Galaxy Y. Dilepas dengan harga tidak lebih dari 1,5 juta rupiah, ponsel yang satu ini bahkan memiliki komponen yang masih lebih baik daripada LG Optimus L3 yang memiliki tingkatan harga tidak jauh berbeda dengan ponsel ini. Dan biarpun sudah cukup lama beredar di pasar, permintaan masyarakat untuk ponsel ini pun masih sangat tinggi.

Hal tersebut tidaklah membingungkan jika kita melihat apa yang Samsung berikan pada ponsel ini. Pertama-tama, adanya prosesor ARMv6 yang memiliki kecepatan hingga 830MHz, dan didukung dengan sistem operasi Android Gingerbread v2.3.5. Ponsel ini memang memiliki kekurangan yakni kameranya yang hanya sebesar 2MP di bagian belakang. Namun, dari segi kecepatan koneksi, ponsel ini mampu mengungguli LG Optimus L3, dengan tingkat kecepatan hingga 7,2 Mbps, atau dengan kata lain, dua kali lipat lebih cepat.

Adapun hal lain yang dirasakan agak mengganjal adalah desain dan produksi Samsung untuk cover belakang ponsel ini. Dibuat dari plastik, cover ini terasa sangat ringkih, dan maaf, murahan. Selain itu, kami tidak memiliki keluhan lain.

5. Acer Liquid Z110

Acer Liquid Z110

Acer yang lebih dikenal dengan produk komputer notebook mereka, kini mulai mencoba meramaikan pasar ponsel. Tahun ini, mereka telah merilis Acer Liquid Z110, dengan banderol harga kurang dari 1,5 juta rupiah. Yang membuat kami tertarik untuk memasukkan ponsel ini ke dalam daftar adalah karena spesifikasi komponennya yang termasuk menarik.

Acer berani memasang sistem operasi Android 4.0 terbaru ke dalam ponsel ini, terutama karena adanya prosesor berkecepatan 1GHz ditanamkan di dalamnya. Selain itu, ponsel ini memiliki keunggulan lainnya dibandingkan dengan keempat ponsel di atas. Ponsel berlayar 3,5 inci ini memiliki dua slot kartu SIM sekaligus, dan keduanya cocok dengan kartu SIM GSM 850/900/1800/1900.
Tidak hanya itu, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan kemampuan koneksi berkecepatan tinggi, HSDPA, dan HSUPA. Fitur-fitur standar lainnya seperti koneksi nirkabel, Bluetooth, dan kamera 3,15 megapiksel juga hadir pada ponsel ini.

Itu dia daftar ponsel-ponsel murah berbasiskan Android terbaik sepanjang tahun ini menurut kami. Bagaimana? Apakah kamu sudah bisa menentukan pilihanmu? (vv)

Comment di sini