Jokowi “Nyemplung” ke Gorong-gorong Bundaran HI

by
December 26th, 2012 at 4:29 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi memberanikan diri masuk ke gorong-gorong di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Gorong-gorong sumber banjir itu menurut Jokowi ukurannya terlalu kecil.

detik.com

Jokowi yang masih mengenakan seragam Korpri mencoba memasuki gorong-gorong di trotoar Bundaran HI arah Jalan Sudirman. Jokowi secara perlahan turun dan memantau gorong-gorong yang masih terlihat berlumpur dan berair tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Ery Basworo hanya bisa mengamati aksi Jokowi itu. Mereka hanya memperlihatkan gambar peta dan menjelaskan rute dari gorong-gorong tersebut kepada Jokowi.

Setelah berada di dalam gorong-gorong selama 2 menit, akhirnya Jokowi kembali keluar. Dia menilai bahwa gorong-gorong tersebut terlalu sempit, sehingga bisa menjadi penyebab banjir saat hujan deras turun.

“Zaman Belanda dulu gede, ini kenapa bisa jadi kecil segini. Ini bukannya kecil tetapi kecil banget,” ujar Jokowi usai masuk ke gorong-gorong di depan Kedubes Jerman, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari detik.com, Rabu (26/12/2012).

Jokowi juga meminta agar penutup gorong-gorong tersebut tetap dibuka. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan air hujan mengalir ke dalam gorong-gorong sehingga tidak menggenangi jalanan di kawasan HI. “Ini besok dibuka saja. Tetapi ditunggui biar nggak ada yang masuk,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan bahwa penanganan banjir tidak bisa dilakukan dengan cara yang instan. Menurutnya, semua cara harus dilakukan secara bertahap agar membuahkan hasil yang maksimal. Dia juga sudah mengusulkan 10 ribu sumur resapan untuk atasi banjir di Jakarta.

Sejumlah wilayah di DKI Jakarta yang sempat terendam banjir membuat Jokowi didesak untuk bertanggungjawab. Banyak pihak yang menuding Jokowi telah gagal dalam mengatasi banjir di Jakarta. Padahal, Jokowi baru tiga bulan memimpin DKI Jakarta.

(YG)

Comment di sini