Sabun Antiseptik Tiap Hari, Perlukah?

by
December 26th, 2012 at 4:52 pm

CiriCara.com – Mandi memang merupakan rutinitas yang biasa kita lakukan setiap harinya. Merawat kulit dan tubuh juga dapat dilakukan pada saat kita mandi. Mandi juga dapat memperbaiki sel kulit mati, melembapkan serta melindunginya dari berbagai kuman penyakit. Karenanya, Anda harus tahu dulu cara memilih produk pembersih yang tepat untuk mandi.

Ketika mandi, tentunya sebagian orang selalu tertuju untuk memilih sabun yang mengandung antiseptik dengan tujuan lebih bersih dan dapat terlindungi dari kuman penyakit. Adapula yang memilih sabun kesehatan atau juga sabun yang mengandung pemutih dan pelembab dengan aroma yang khas dengan tujuan untuk memelihara kulit agar tetap cantik dan terawat.

Dr. Amaranila Drijono SpKK, seorang dokter yang ahli tentang masalah kulit mengatakan bahwa jika tujuannya adalah untuk membersihkan, maka Anda dapat memilih sabun jenis Syntetic Detergent (syndet), sebab sabun jenis tersebut cukup baik untuk membersihkan kulit dari kuman, kotoran, minyak, dan keringat dari tubuh. Sedangkan sabun yang mengandung antiseptik bukanlah sabun yang cocok untuk digunakan setiap kali mandi melainkan pada saat kondisi tertentu di mana kita membutuhkan sabun antiseptik.

Menggunakan sabun mandi yang mengandung antiseptik terlalu sering bisa menyebabkan kulit menjadi kering sebab lipid dan protein alami yang berada di dalam kulit malah ikut terangkat pada saat kita mandi. Sabun yang mengandung antiseptik hanya dibutuhkan pada saat kita selesai beraktivitas di tempat yang sangat kotor, itupun masih tetap saja tergantung kondisi seberapa kotor kita dan seberapa perlu kita membutuhkan sabun yang mengandung antiseptik tersebut. Selain itu, perlunya kita mengetahui jenis kulit kita dan pemilihan serta produk sabun yang tepat sesuai jenis kulit kita.

Yang jelas, pembersih tubuh yang baik adalah pembersih yang tidak menyebabkan protein dari kulit kita banyak terbuang serta tidak membuat lipid rusak karena terangkat pada saat mandi. Malahan, kita perlu sabun yang dapat meningkatkan lipid alami kulit sehingga dapat meningkatkan kelembapan kulit dan menjadikan kulit lebih berkilau dan indah.

Mandi tidak sekedar mandi, banyak hal yang perlu kita ketahui saat membersihkan ataupun melakukan perawatan tubuh. Jika salah memilih sabun, kulit akan menjadi kering atau kasar. Untuk itulah, Anda harus memahami dalam membersihkan maupun merawat tubuh Anda sebaik mungkin. (CT)

Comment di sini