7 Jenis Makanan yang Baik Untuk Pencernaan

CiriCara.com – Sulit buang air besar bisa disebabkan karena Anda salah mengonsumsi makanan. Makanan yang Anda konsumsi setiap harinya harus kaya akan serat dan air agar sistem pencernaan bisa bekerja dengan lancar.

Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, jangan sembarangan memilih makanan untuk dikonsumsi sehari-hari. Lalu, jenis makanan apa saja yang baik untuk pencernaan? Berikut 7 jenis makanan yang baik untuk pencernaan:

1. Gandum utuh

Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, seperti beras merah dan gandum mengandung banyak serat. Gandum termasuk makanan yang baik untuk pencernaan, tapi bagi orang yang memiliki penyakit Celiac atau alergi terhadap gluten harus mengindarinya.

2. Apel

Apel dikenal senagai buah yang kaya akan serat dan air. Mengonsumsi apel pada waktu perut kosong, terutama di pagi hari membantu mencegah sembelit. Jika Anda mengonsumsinya secara teratur, maka bisa mencegah gangguan perut lainnya.

3. Pisang

Pisang adalah makanan yang paling mudah ditoleransi karena rasanya yang cenderung hambar, tidak akan mengiritasi lambung seperti berbagai jenis makanan lainnya. Selain itu, pisang juga baik untuk mengganti elektrolit tubuh yang hilang akibat aktivitas fisik yang tinggi.

4. Jahe

Rempah-rempah, seperti jahe, kunyit, dan peppermint memiliki manfaat yang besar untuk mengatasi sakit perut. Agar pencernaan lancar, Anda bisa meminum wedang jahe atau teh peppermint, atau permen dengan rasa peppermint.

5. Buah plum

Buah plum ampuh untuk mengatasi sembelit karena seratnya bisa memperlancar proses pencernaan. Selain itu, buah ini juga kaya akan antioksidan yang bisa membuat Anda terlihat lebih awet muda.

6. Yoghurt

Makanan probiotik ini baik untuk sistem pencernaan karena mengandung bakteri baik yang bisa mengimbangi jumlah bakteri jahat yang tinggal dalam usus Anda. Yoghurt mengandung bakteri asam laktat sehingga membantu mengaktifkan enzim laktase dalam saluran pencernaan sehingga mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

7. Makanan prebiotik

Senyawa prebiotik adalah nutrisi yang cocok bagi bakteri baik, tapi tidak disukai bakteri patogen. Banyak mengonsumsi makanan sumber prebiotik akan membantu menunjang perkembangbiakan bakteri baik sehingga meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus Anda. Makanan yang mengandung prebitok bisa Anda temukan pada biji-bijian, tahu, tempe, dan berbagai jenis sayuran, seperti brokoli, kembang kol, dan sayuran hijau lainnya.

Itulah 7 jenis makanan yang baik untuk pencernaan. Jika tidak ingin mengalami gangguan pencernaan, maka sering-seringlah mengonsumsi makanan tersebut. Selain itu, dengan cukup meminum air putih 2 liter per harinya juga bisa membantu sistem pencernaan Anda. (NR)


comments powered by Disqus