CiriCara: Cara Cerdas Membeli Oleh-oleh

by
December 27th, 2012 at 2:00 pm

CiriCara.com – Ketika seseorang sedang berlibur ke luar kota atau luar negeri, terkadang akan membawakan oleh-oleh untuk para kerabat atau keluarganya. Oleh-oleh dari sebuah perjalanan akan menjadi bingkisan yang berharga bagi keluarga atau seseorang yang spesial. Mereka yang dibawakan oleh-oleh pun pastinya akan merasa senang.

Okezone

Apalagi jika oleh-oleh tersebut adalah barang, makanan, atau minuman khas dari tempat yang dikunjungi. Setiap kota atau negara terkadang memiliki ciri khas tersendiri untuk dijadikan oleh-oleh. Misalnya, kota Yogyakarta yang memiliki oleh-oleh khasnya yaitu bakpia. Negara Jepang yang memiliki oleh-oleh khasnya yaitu berbagai jenis makanan ringan yang lucu dan unik, seperti moci cokelat yang berbentuk kotoran sapi yang diberi nama “Cow Pop”.

Agar oleh-oleh yang diberikan meninggalkan kesan, Anda harus memilihkannya dengan cara yang cerdas. Bagaimana? Inilah cara cerdas membeli oleh-oleh saat berlibur:

1. Mencari informasi tempat belanja

Akan ada banyak toko-toko di mal atau pinggir jalan yang menjual beraneka ragam oleh-oleh dari kota atau negara tersebut. Namun, sebelum membelinya sebaiknya Anda bertanya dahulu pada masyarakat sekitar mengenai pusat oleh-oleh yang terkenal, enak, dan murah. Anda bisa bertanya pada petugas hotel atau kepada masyarakat sekitar. Perlu kamu ingat juga untuk tidak bertanya kepada satu orang saja.

2. Menentukan orang yang akan diberi oleh-oleh

Agar tidak merepotkan dan tidak mengeluarkan biaya yang banyak untuk oleh-oleh, Anda disarankan untuk mendaftar orang yang akan diberikan buah tangan. Namun, jangan sampai orang spesial Anda dilupakan karena pastinya dia akan menunggu-nunggu buah tangan itu.

3. Cermat menentukan pilihan

Ketika ingin membelikan oleh-oleh untuk para kerabat atau keluarga, Anda harus cermat menentukan pilihan. Oleh-oleh gantungan kunci memiliki harga yang jauh lebih murah daripada kaos bergambar. Untuk itu, carilah barang yang murah tapi bermanfaat untuk orang-orang yang akan diberikan oleh-oleh.

4. Menawar

Menawar adalah ilmu yang harus Anda gunakan saat berbelanja. Anda harus menawar barang incaran sampai mendapatkan harga yang diinginkan. Jika ingin mendapatkan harga murah, maka maka keluarkanlah ilmu tawar menawar Anda dengan menggunakan bahasa lokal di kota atau negara tersebut.

5. Perhatikan kadaluwarsanya

Jika Anda ingin membawakan oleh-oleh makanan atau minuman khas dari kota atau negara tersebut, maka perhatikan tanggal kadaluwarsanya. Makanan dan minuman khas suatu daerah atau negara memiliki rasa yang unik dan berbeda-beda. Jika dijadikan oleh-oleh, maka orang yang diberikan pastinya akan merasa senang.

Itulah tips membelikan oleh-oleh saat berlibur. Jika Anda akan berencana pergi berlibur, maka jangan lupa membawa oleh-olehnya ya! (NR)

Comment di sini