CiriCara: Cara Meningkatkan Kapasitas Diri

by
December 27th, 2012 at 9:06 am

CiriCara.com – Saat sedang berkumpul bersama orang-orang yang belum lama dikenal, terkadang ada perasaan kurang nyaman karena tidak bebas mengekspresikan diri. Orang-orang yang ditemui adalah mereka yang serius dan memiliki wawasan yang sangat luas. Sedangkan, Anda adalah tipe orang humoris yang memiliki wawasan kurang dari mereka.

Selain itu, perasaan khawatir juga menghampiri Anda. Namun, kejadian itu terus dan selalu dialami sehingga mengharuskan Anda untuk bisa menyesuaikan diri dengan mereka. Alasannya adalah tuntutat pekerjaan. Anda harus bisa menyesuaikan diri demi kelancaran karier yang akan datang. Jika merasa kurang nyaman dengan lingkungan seperti itu, maka Anda disarankan untuk bisa meningkatkan kapasitas diri.

Orang-orang yang memiliki kapasitas diri yang besar selalu mampu untuk menerima tantangan yang lebih besar. Semakin besar tantangan yang diterimanya, semakin besar juga kapasitas dirinya. Tak heran, semakin hari orang ini menjadi semakin hebat saja. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kapasitas diri sendiri? Berikut tipsnya:

1. Mengembangkan diri

Proses pengembangan diri adalah tanggung jawab pribadi. Andalah yang harus mendorong proses pengembangan diri itu. Jangan menunggu orang lain atau perusahaan yang melakukan untuk Anda. Alasannya adalah karena orang lain belum tentu memiliki kimitmen yang tinggi untuk mengembangkan diri Anda. Untuk itu, Anda harus bisa mengembangkan diri dalam berbagai hal dan tetap menjadi diri sendiri.

2. Menantang diri sendiri

Sebagian besar orang merasa senang jika diberi pekerjaan yang mudah. Padahal hal itu bisa membahayakan dirinya sendiri. Menerima pekerjaan yang mudah malah akan mengurangi kapasitas atau kemampuan yang dimilikinya. Untuk itu, Anda harus bisa menerima dan menangani pekerjaan-pekerjaan sulit agar kapasitas diri meningkat. Selain itu, semakin hari keterampilan Anda juga semakin meningkat.

3. Berhenti menghakimi diri

Mungkin Anda sulit untuk mengekspresikan keinginan diri sendiri. Pada akhirnya, Anda jadi menghakimi diri sendiri dengan menggunakan pikiran kritis demi menekan perasaan yang sebenarnya. Konsekuensinya bisa berdampak pada diri sendiri dan orang lain. Untuk itu, Anda harus berani mengekspresikan keinginan, seperti mengemukakan pendapat, memberikan saran, dan lain sebagainya. Dengan begitu. kapasitas dalam diri bisa meningkat.

4. Lakukan secara konsisten

Anda harus melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan kapasitas diri secara konsisten. Jangan berhenti untuk melakukannya dan teruslah berusaha. Berhenti merupakan awal dari sebuah kemunduran. Jika Anda terus memastikan untuk terus bertumbuh tanpa heniti, maka akan terhindar dari kemunduran. Dengan begitu, Anda akan selalu mampu meningkatkan kapasitas diri sendiri.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kapasitas diri. Dengan meningkatkan kapasitas diri menjadikan Anda seseorang yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan berbagai tipe orang dan perusahaan. Dengan begitu, pemimpin di perusahaan beranggapan bahwa Anda adalah orang yang bisa diandalkan. (NR)

Comment di sini