CiriCara: 10 Ciri Anda Harus Bertahan di Perusahaan Saat Ini

by
December 28th, 2012 at 9:21 am

CiriCara.com – Jenis pekerjaan apapun yang digeluti setiap orang saat ini, terkadang merasa bosan untuk dilakukan. Apalagi jika menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Perasaan bosan seringkali datang menghampiri. Rasa bosan itu membuat beberapa orang berpikiran untuk mencari pekerjaan yang baru.

Namun, sebelum memutuskan untuk mencari pekerjaan yang baru, alangkah baiknya jika Anda melihat sisi positif pekerjaan yang saat ini digeluti. Selain itu, Anda juga harus memikirkan alasan kenapa ingin pindah dari perusahaan itu.

Perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya ada beberapa hal positif yang membuat Anda harus bertahan di tempat kerja. Dilansir Savvysugar.com, inilah 10 ciri Anda harus bertahan di perusahaan saat ini:

1. Atasan mendengarkan saran Anda

Atasan yang mau mendengarkan saran dari bawahannya merupakan sosok yang bisa membuat Anda berkomunikasi dengannya secara jujur. Misalnya, Anda lebih memilih melanjutkan pekerjaan di rumah agar tidak lebur di kantor, lalu si bos membiarkan hal tersebut.

2. Anda memiliki tanggung jawab penting di kantor

Jika di kantor saat ini Anda memiliki tanggung jawab peting, maka menandakan bahwa si bos mempercayai Anda dan menjadi orang yang dapat dipercaya. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda merupakan salah satu karyawan yag dihargai oleh atasan.

3. Atasan mengenali kekuatan yang Anda miliki

Jika Anda bekerja sebagai seorang internal auditor di kantor dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan orang banyak, maka atasan akan memberikan pekerjaan yang berkaitan dengan bertemu orang banyak. Jika atasan memperlakukan Anda seperti itu, maka petanda bahwa dia peduli dan memahami kekuatan yang dimiliki.

4. Memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja

Membina hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan itu terkadang sulit diwujudkan. Namun, jika saat ini Anda memiliki hubungan yag baik dengan rekan kerja dan atasan di kantor, maka Anda harus berpikir ulang untuk mencari perusahaan baru itu. Belum tentu hubungan yang baik itu akan tercipta di perusahaan baru.

5. Bisa bertanya sesuka hati pada bos dan rekan kerja

Setiap Anda mengajukan pertanyaan mengenai pekerjaan selalu ditanggapi dengan baik oleh atasan dan rekan kerja. Jika sudah begitu, maka petanda Anda harus bertahan di perusahaan saat ini. Selain itu, mereka yang menanggapi Anda adalah orang-orang yang menghargai dan menghormati Anda.

6. Atasan tidak mengatur waktu kerja Anda

Atasan yang menghormati keputusan Anda adalah sosok yang tidak mengatur waktu kerja Anda. Misalnya, tidak ada pekerjaan lagi yang harus dikerjakan di kantor, lalu Anda memiinta izin untuk pulang setengah jam sebelumnya. Sementara, si bos mengizinkan Anda pulang. Jika sudah begitu, maka petanda bahwa si bos menghargai waktu dan kinerja Anda.

7. Atasan mempercayai Anda untuk membuat keputusan

Saat sedang meeting untuk menyelesaikan masalah kantor, lalu Anda diminta untuk memberikan solusi dan membuat keputusan terkait masalah tersebut. Hal tersebut menandakan bahwa Anda sangat dipercaya oleh si bos.

8. Atasan bersedia melatih Anda dan melakukan hal-hal baru

Tak selamanya Anda bekerja di perusahaan dengan posisi yang sama dan mengerjakan hal yang itu-itu saja. Jika Anda diberikan kesempatan oleh si bos untuk melakukan hal-hal yang baru dan bersedia mengajarkan, maka menandakan bahwa Anda berhak dan pantas untuk maju dan berkembang di kantor.

9. Atasan tidak menguntit Anda

Beberapa atasan ada yang menguntit karyawannya melalu media sosial, seperti Facebook dan Twitter. Hal tersebut dilakukannya untuk mengetahui apa saja yang dilakukan karyawannya di luar kantor dan jam kerjanya. Lalu, ada juga beberapa atasan yang tidak melakukan hal tersebut. Jika tak melakuknnya, maka menandakan bahwa mereka menghargai Anda. Mereka juga tak mempersalahkan jika Anda izin dari kantor untuk melakukan wawancara kerja lain, sebab bagaimanapun juga Anda berhak mendapatkan pekerjaan atau perusahaan yang lebih baik.

10. Atasan menghargai Anda secara pribadi

Atasan menunjukkan sikap yang membuat Anda lebih nyaman saat bekerja. Misalnya, membiarkan Anda bekerja sesuai dengan cara sendiri sehingga kondisi pekerjaan yang dilakukan akan lebih baik. Jika sudah begitu, maka petanda bahwa atasan peduli dengan Anda secara keseluruhan dan kesejahteraan di tempat kerja.

Itulah 10 ciri Anda harus bertahan di perusahaan saat ini. Jika Anda merasakan ciri-ciri tersebut, maka tak ada salahnya untuk tetap bertahan pada pekerjaan yang saat ini digeluti. (NR)

Comment di sini