CiriCara: Cara Agar Mainan Anak Tidak Menumpuk

by
December 28th, 2012 at 10:11 am

CiriCara.com – Beberapa orangtua senang membelikan mainan untuk anaknya. Membelikan mainan untuk anaknya itu bertujuan untuk menyenangkan hati si buah hati. Namun, mainan tersebut jumlahnya akan semakin bertambah jika Anda selalu membelikannya mainan setiap kali jalan ke pusat perbelanjaan.

Jika Anda memiliki ruangan khusus di rumah untuk menyimpan mainan, maka tak ada salahnya untuk mengoleksi maianan si anak. Tapi, bagaimana jika Anda tak memiliki ruangan khusus itu? Tentunya mainan si anak akan terlihat berantakan di mana-mana dan sangat membuat rumah jadi tidak rapi.

Dilansir Wolipop.Detik.com, Shelley Lindauer, pimpinan Adele & Young Child Development Laboratory, Utah State University mengatakan bahwa mainan yang menumpuk bisa membuat anak-anak berpikir bahwa semua hal itu bisa tergantikan dan tidak ada yang berharga.

Untuk itu, jangan biarkan mainan si anak terlalu banyak menumpuk di rumah. Untuk menyiasatinya, Anda perlu mengurangi jumlah mainan dan penumpukan itu. Lalu, bagaimana cara menguranginya sementara si anak ingin selalu minta dibelikan mainan? Berikut tipsnya untuk Anda:

1. Jangan beri hadiah mainan

Ketika si anak berulang tahun, usahakan agar Anda tidak memberikan sebuah mainan untuknya. Selain itu, katakan juga hal itu kepada anggota keluarga atau kerabat Anda. Anda bisa mengajukan permintaan pada kerabat untuk memberikan hadiah yang lebih berguna. Misalnya, pakaian bergambar lucu atau tiket untuk menikmati permainan.

2. Rotasi mainan

Jika mainan si anak sudah sangat banyak dan menumpuk, maka Anda bisa menerapkan rotasi mainan. Anda bisa coba meletakkan beberapa mainan si anak dalam satu kotak, kemudian letakkan di gudang atau lemari yang sulit dijangkau olehnya. Sisahkan beberapa mainan untuknya agar dia tetap bisa memainkan mainannya. Namun, saat buah hati sudah merasa bosan dengan mainan itu, Anda bisa mengeluarkan mainan yang ada dalam kotak itu. Anda bisa melakukan cara ini dengan mengganti-ganti isi mainannya.

3. Menyewa mainan

Mainan yang di jual di toko-toko tak semua dibandrol dengan harga yang murah. Terkadang, si anak pun minta dibelikan mainan yang harganya selangit. Untuk menanggapinya, Anda bisa menyewa mainan itu. Saat ini ada cukup banyak tempat penyewaan mainan anak. Salah satu cara ini bisa mengurangi tumpukan mainan yang ada di rumah Anda.

4. Menyumbangkan mainan

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu menyumbangkan mainan. Jika si anak sudah tidak suka dengan mainan yang dimilikinya itu, maka Anda bisa memberikannya pada anak-anak yang kurang mampu. Namun, jangan lupa juga untuk mengajak anak saat menyumbangkan mainannya agar dia bisa belajar untuk mensyukuri apa yang dimilikinya saat ini.

Itulah 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi tumpukan mainan anak di rumah. Membelikan mainan untuk si anak boleh-boleh saja Anda lakukan, tapi harus mainan yang memiliki nilai edukasi. Jika tidak, maka si anak akan malas untuk belajar. (NR)

Comment di sini