Di Swaziland, Pemakai Rok Mini Akan Dipenjara

by
December 28th, 2012 at 10:42 am

Mbabane (CiriCara.com) – Bagi para wanita penggemar rok mini, sebaiknya Anda jangan mencoba untuk datang ke Swaziland karena di negara tersebut, pemakai rok mini bisa dipenjara.

Aturan mengenai larangan pemakaian rok mini dan pakaian seronok lainnya diterapkan oleh polisi di Swaziland lewat hukum kolonialnya. Menurut pihak kepolisian, pakaian terbuka tersebut rawan mengundang tindak kriminal perkosaan yang semakin marak di Swaziland.

Bagi para wanita yang ketahuan melanggar aturan pemakaian rok mini di negara monarki tersebut bisa dipenjara hingga enam bulan.

Swaziland adalah salah satu negara di benua Afrika yang dikenal sebagai negara konservatif yang menegakan aturan keras seperti sebelum era abad 20 berlangsung.

Sebelum hukum ini diterapkan kembali, Swaziland pernah menerapkan hukum yang sama pada tahun 1889 tentang pelarangan penggunaan pakaian yang mengumbar tubuh wanita.

Saat ini, dua pertiga remaja putri di Swaziland memang menjadi korban kekerasan seksual. Oleh karena itu, negara ini gencar memerangi kekerasan seksual di negaranya.

Dilansir dari Tempo.co, pemberlakuan hukum pelarangan rok mini akan dilaksanakan dan diawasi secara ketat. Menurut Juru Bicara Kepolisian Swaziland, para pelanggar aturan ini bisa langsung ditangkap.

Rok mini dipercaya sebagai sarana utama yang bisa mengundang dan mempermudah aksi pemerkosaan sehingga tindak kekerasan seksual itu meningkat di sana.

“Ini bukan masalah wanita dirugikan dengan aturan ini. Ini soal perilaku yang dapat atau tak dapat diterima,” kata Wendy Hleta, Jubir Kepolisian.

Selain itu, pemerintah juga melarang wanita untuk mengenakan celana pendek dan tank top. Namun walau begitu, kostum tradisional “indlamu” berupa sabuk manik-manik yang digunakan oleh wanita muda saat menari untuk sang pemimpin tertinggi Swaziland, Raja Mswati, tetap boleh digunakan.

Padahal kostum itu mengharuskan wanita untuk bertelanjang dada dan memperlihatkan bokong di depan umum. (RN)

Comment di sini