Soal Kasus RS Harapan Kita, Ahok Akan Rekomendasi ke Menkes

by
December 28th, 2012 at 3:56 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kasus meninggalnya Ayu Tri (9) pasien leukimia di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta juga menjadi perhatian Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Tribunnews

Dilansir dari Tempo.co, Ahok akan mempertimbangkan soal pemberian rekomendasi sanksi kepada RS Harapan Kita dengan tuduhan penelantaran pasien. Rekomendasi ini diberikan atas dasar UU Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Saat Ayu Tri sedang mendapat perawatan dari RS Harapan Kita, di tempat yang sama sedang diadakan syuting atau pengambilan gambar sinetron Love in Paris. Menurut keterangan dari Ayah korban, proses pengambilan gambar dilakukan di ruang Intensive Care Unit (ICU) yang biasa digunakan untuk penanganan darurat terhadap pasien.

Walau kelalaian dari RS Harapan Kita sudah didengar oleh Ahok namun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak bisa menjatuhkan sanksi langsung terhadap RS Harapan Kita meski si pasien juga memilik Jamkesda.

Ahok menegaskan bahwa RS Harapan Kita adalah milik dari Kementerian Kesehatan dan tidak berurusan secara langsung dengan Pemprov DKI Jakarta.

Namun walau begitu, Ahok berjanji akan meminta Menteri Kesehatan agar dapat memperhatikan masalah kelalaian rumah sakit secara serius jika bertemu nanti.

“Nanti, kalau bertemu, kami akan minta perhatiannya,” katanya kepada Tempo.co.

Ayu Tri, pasien yang diduga meninggal karena kelalain RS Harapan Kita sebelumnya sudah berulangkali berobat ke rumah sakit di bilangan Slipi itu. Sebelum meninggal, Ayu dirawat atas keluhan diare.

Pihak rumah sakit mengklaim telah memberikan perawatan maksimal kepada Ayu namun ajal tetap menjemput gadis cilik itu pada hari Kamis, 27 Desember 2012 pukul 02.00 WIB. (RN)

Comment di sini