Ternyata Mobil LCGC Harus Gunakan Pertamax

Jakarta (CiriCara.com) – Belum lama ini sejumlah produsen otomotif gencar memperkenalkan mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC). Namun meski termasuk mobil murah, mobil LCGC ternyata harus menkonsumsi pertamax

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindusterian Budi Darmadi menuturkan peraturan mobil LCGC akan segera keluar. Namun, dalam peraturan tersebut disebutkan mobil LCGC harus menggunakan bahan bakar minyak beroktan 92 atau jenis pertamax.

“Peraturan LCGC segera terbit. Pemerintah akan mengatur bahwa produk LCGC memakai standar mesin yang menkonsumsi BBM jenis pertamax. Agen pemegang merek harus mengikuti aturan ini jika terlibat dalam proyek LCGC,” kata Budi.

Menurut Budi, penggunaan pertamax untuk mobil LCGC tidak akan merugikan konsumen. “Dengan konsumsi BBM 1 liter yang bisa menempuh jarak 22 kilometer, maka produk LCGC sangat irit bahan bakar,” ujar Budi.

Budi menilai langkah pemerintah menetapkan mobil LCGC untuk konsumsi pertamax sudah tepat. Menurutnya, peraturan tersebut akan membantu pemerintah menjalankan program penghematan bahan bakar bersubsidi.

Sebelumnya, Toyota dan Daihatsu sudah mengeluarkan mobil LCGC-nya. Toyota mengeluarkan Agya sementara Daihatsu mengeluarkan Ayla. Dari hasil uji coba menunjukkan bahwa kedua mobil tersebut irit bahan bakar.

Daihatsu Ayla pernah mencapai penggunaan bahan bakar teririt yakni 1 liter/27 km. Uji coba ini dilakukan dengan cara menyetir yang hemat. Mulai dari mempertahankan kecepatan rata-rata di 50 km/h, sampai dengan tidak menekan pedal gas terlalu dalam.

Bagi Anda yang tidak tahu cara menyetir yang hemat, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya sudah menyediakan fitur Eco-Driving. Fitur ini akan menampilkan informasi jarak rata-rata, dan seberapa efisien penggunaan bahan bakar selama Anda menyetir.

Meski harus menggunakan pertamax, mobil LCGC ini diklaim akan tetap hemat bahan bakar. Jadi, Anda tidak perlu takut akan mengeluarkan uang lebih untuk menggunakan mobil murah dan ramah lingkungan ini.

(YG)


comments powered by Disqus