Wow! Jakarta Bakal Punya Terowongan Senilai Rp 16 Triliun

by
December 28th, 2012 at 11:30 am

Jakarta (CiriCara.com) – Berbagai upaya tengah diambil oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo untuk mengatasi masalah pelik di Ibukota terutama banjir dan kemacetan.

Berita Jakarta

Salah satu cara yang akan ditempuh untuk mengatasi kedua masalah di atas adalah dengan membangun terowongan raksasa di bawah jalan raya senilai Rp. 16 triliun.

Dana yang digunakan untuk pembangunan terowongan bawah tanah ini memang sangat fantastis. Maklum saja, karena terowongan berdiameter 16 meter itu akan dibangun dari Jalan MT. Haryono hingga daerah Pluit.

“Terobosannya, terowongan. 16 Meter diameternya di bawah tanah. Berakhir di Pluit, mulainya di MT Haryono,” kata Jokowi seperti dikutip Pesatnews.com, Rabu, 26 Desember 2o12.

Gagasan tersebut disampaikan Jokowi setelah ia masuk ke dalam gorong-gorong di pinggir trotoar kawasan Hotel Indonesia arah Jalan Sudirman atau tepat di seberang Menara BCA, Jakarta Pusat kemarin.

Menurut Jokowi, gagasan tersebut bisa dilaksanakan mengingat banyaknya pemukiman dan gedung di Jakarta yang telah menyebabkan banjir di berbagai kawasan Jakarta.

Untuk membangun terowongan atau deep tunnel ini, dana akan diambil dari APBD Jakarta dan kerja sama dengan investor. Jokowi berharap agar proyek terowongan raksasa ini segera dapat direalisasikan meski akan memakan waktu 4 hingga 5 tahun.

“Proses (membangunnya) 4 hingga 5 tahun. Dikira kita nggak pusing ngurusin ini, siang malam mikir masalah ini,” kata Jokowi lagi.

Sebenarnya ide pembangunan deep tunnel ini pernah digagas oleh Sutiyoso. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pernah melakukan studi banding ke Kuala Lumpur pada Juli 2007 bersama dengan Wapres Jusuf Kalla.

Di Kuala Lumpur, deep tunnel difungsikan sebagai jalan umum untuk kendaraan dan saluran air saat musim penghujan tiba untuk mencegah banjir. Sutiyoso saat itu berencana membangun terowongan bawah tanah dari Jalan MT Haryono sampai Muara Angke.

Dengan pembangunan proyek yang akhirnya tidak terealisasi itu, Sutiyoso berharap agar masalah-masalah Jakarta seperti banjir, air bersih, pengolahan air limbah, transportasi, dan utilitas umum dapat teratasi.

Jika benar proyek deep tunnel ini dapat terealisasi 4 atau 5 tahun mendatang, mungkinkah berbagai masalah utama di Jakarta benar-benar dapat teratasi? (RN)

Comment di sini