7 Jenis Pelangi Menakjubkan

by
December 29th, 2012 at 11:39 am

CiriCara.com – Apa yang kamu ketahui tentang pelangi? Sekadar pelangi ciptaan Tuhan kah? Ya, memang dalam lagu anak-anak “Pelangi Pelangi” disebutkan pelangi adalah ciptaan Tuhan.

Selain itu, hal yang paling diingat oleh banyak orang tentang pelangi adalah istilah MeJiKuHiBiNiU, yang merupakan kepanjangan dari perpaduan warna pada pelangi, yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu.

Sebenarnya, perpaduan warna tersebut bisa terjadi dan dikenal dengan pelangi sebagai ciptaan Tuhan yang indah, karena pembiasan cahaya matahari yang sebenarnya terdiri dari banyak warna atau polikromatik.

Tahukah kamu kalau pelangi itu ada berbagai jenis, dan tidak hanya seperti yang sering kamu lihat saja.

Berikut adalah 7 jenis pelangi menakjubkan yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Pelangi Primer

List Verse

Pelangi jenis ini adalah pelangi yang paling sering kita jumpai setelah hujan lebat mengguyur Bumi. Pembiasan cahaya pada pelangi ini terjadi ketika cahaya matahari yang terpancar dibiaskan melalui butiran air yang masih ada di udara sisa dari hujan badai. Ukuran pelangi tersebut tergantung dari seberapa banyak kandungan air di udara yang membiaskan cahaya matahari itu.

2. Pelangi Sekunder

Pelangi sekunder ini tidak jauh berbeda dengan pelangi primer, hanya saja pelanginya ada dua (double rainbows). Pelangi yang kedua itulah yang disebut sebagai pelangi sekunder dengan susunan warna yang terbalik dari warna pelangi primer, dan biasanya terletak di belakang pelangi primer tersebut. Hal tersebut disebabkan oleh cahaya yang menembus butiran air di udara dibiaskan dua kali.

3. Pelangi Supernumerary

Pelangi ini juga sering disebut sebagai pelangi Stacker. Kemunculan pelangi ini terbilang sangat jarang. Pelangi ini terdiri dari beberapa pelangi primer, dan kadangkala muncul di luar pelangi sekunder. Biasanya, pelangi ini akan muncul saat hujan kecil yang terjadi secara konstan dan dalam waktu yang cukup lama.

4. Pelangi Merah

Pelangi Merah ini biasanya disebabkan oleh pembiasan cahaya oleh butiran air hujan yang turun selama waktu matahari terbit ataupun matahari terbenam. Hal ini mengakibatkan panjang spektrum warna merah dan kuning lebih panjang dibandingkan spektrum warna biru, nila, dan lainnya. Sehingga warna merahlah yang mendominasi pelangi tersebut.

5. Pelangi Awan

Pelangi awan ini membentang lebih panjang dibandingkan pelangi normal pada umumnya. Namun, pelangi yang satu ini tidak terbentuk dari pembiasan butiran air hujan, melainkan butiran air pada awan ataupun udara yang lembap.

6. Pelangi Roda

Pelangi unik jenis ini akan terbentuk ketika awan gelap atau hujan lebat menghalangi cahaya matahari. Bayangan butiran air hujan dan awan gelap itu pun akan menghalangi kamu melihat pelangi dengan jelas, tapi pelangi akan tampak seperti roda gerobak di ujung awan-awan tersebut, dan membuat poros pada satu titik. Jika awan gelap tersebut bergerak dengan cepat, maka pelangi itu pun akan tampak seperti roda berputar.

7. Pelangi Bulan

Rupanya pelangi tidak hanya dapat terbentuk dari pembiasan cahaya matahari saja, melainkan juga dari pembiasan cahaya bulan. Hanya saja pelangi ini sangat jarang terlihat. Saat yang paling tepat untuk melihat pelangi ini ialah ketika bulan punama muncul di saat hujan lebat. Saat itu, langit dalam keadaan sangat gelap, dan pelangi bulan ini pun tidak memiliki variasi warna seperti pelangi primer.

Itulah 7 jenis pelangi menakjubkan yang mungkin belum pernah kamu ketahui. (yk)

List Verse

Comment di sini