CiriCara: Cara Memilih Monitor Komputer Yang Tepat

by
December 29th, 2012 at 9:29 am

CiriCara - Sekarang ini, yang namanya monitor untuk komputer itu sudah semakin banyak pilihan, baik dari merk, tipe dan ukurannya. Hal ini memang menarik, karena berarti kita akan mendapatkan banyak sekali pilihan ketika ingin membeli sebuah monitor dan mengganti monitor kita yang lama. Permasalahannya adalah, terkadang karena terlalu banyaknya pilihan yang tersedia, kita justru jadi kebingungan untuk memilih satu yang paling tepat untuk kita. Nah, karena itulah, kami mencoba membantu kamu untuk memilih monitor yang tepat untuk kamu beli, sehingga uang kamu tidak akan terbuang sia-sia karena salah membeli monitor.

1. Untuk apa monitor tersebut akan lebih sering digunakan?

Ya, pertimbangkan dulu hal tersebut. Apakah kamu lebih suka memainkan game, menonton film, mengedit video atau foto, atau hanya sekedar mendengarkan lagu dan mengetik tugas kuliah ataupun pekerjaan kantor? Karena tipe monitor-monitor tersebut ada bermacam-macam.

2. Ketahui tipe teknologi layar yang kamu butuhkan

Jika kamu lebih sering melakukan editing foto atau video, maka kami akan menyarankan kamu untuk memilih monitor dengan teknologi layar In-Plane Switching (IPS). Monitor ini memang relatif berharga lebih tinggi daripada monitor LED atau LCD biasa, namun teknologi IPS menjanjikan ketepatan warna, tingkat kontras yang lebih baik daripada monitor lain. Hal ini tentu sangat berguna bagi kamu yang suka bermain-main dengan warna. Akan tetapi, monitor IPS ini memiliki kelemahan lain. Tidak hanya berharga lebih mahal, monitor ini cenderung memiliki waktu respon (response time) yang lebih lambat dibandingkan dengan monitor lainnya. Jadi, jika kamu ingin bermain game, lebih baik tidak menggunakan monitor jenis IPS ini karena akan memberikan efek ghosting (berbayang) pada tampilan permainan yang sedang kamu mainkan.

3. Ketahui ukuran layar monitor yang tepat untuk keperluanmu

Setelah tahu tentang teknologi layar apa yang kamu pilih, langkah selanjutnya adalah mengetahui tentang ukuran layar yang paling pas untuk kamu gunakan. Ukuran layar mungkin bukan merupakan hal penting bagi sebagian orang. Tapi jangan salah, justru sebenarnya ukuran layar itu adalah hal yang cukup penting, jangan sampai kita salah pilih ukuran, sehingga layar terlalu kecil ataupun besar sehingga kita tidak nyaman dalam menggunakannya. Monitor memiliki pilihan yang beragam, dimana ukuran yang umum digunakan berada dari ukuran 17 inci sampai dengan 23 inci. Untuk ukuran di atasnya, seperti 24, 27, dan 30 inci ke atas, biasanya lebih sering digunakan oleh para penggila film dan editor video maupun foto.

4. Baca pengalaman-pengalaman orang yang sudah menggunakan monitor tertentu di Internet

Ya, dengan membaca pengalaman-pengalaman yang sudah mereka bagikan di Internet tentu akan sangat membantu kamu dalam membuat keputusan akhir mengenai monitor mana yang kamu inginkan. Dengan mengetahui kelebihan serta kekurangan dari monitor-monitor tersebut, kamu akan jauh lebih mudah menentukannya.

Itu dia tips-tips dari kami yang kami rasa bisa memudahkan kamu dalam memilih monitor untuk kamu beli nanti. Semoga membantu, dan selamat berbelanja! (vv)