Inilah Empat Anti Virus Gratis Terbaik Tahun 2012

by
December 30th, 2012 at 1:32 pm

CiriCara - Hal yang sudah banyak orang ketahui adalah, Internet bukanlah tempat yang aman. Banyak virus mengintai dan siap menyerang komputer Anda setiap saat. Oleh karena itulah, muncul beragam jenis program anti virus yang konon katanya akan siap sedia mengamankan komputer Anda dari serangan virus-virus tersebut. Nah, permasalahannya adalah, tidak sedikit orang yang berpikir bahwa selama anti virus itu adalah anti virus komersil, yang harus Anda bayar terlebih dulu sebelum bisa menggunakan seluruh fiturnya, maka berarti anti virus itu adalah yang terbaik.

Ya, pendapat tersebut tidaklah 100% salah. Namun, bagaimana jika ternyata Anda hanya membutuhkan sebagian fitur-fitur dari anti virus komersil tersebut? Yang justru bisa Anda dapatkan dengan gratis? Tentu amat disayangkan bukan kalau Anda sudah membayar sejumlah uang, hanya untuk mendapatkan apa yang Anda tidak gunakan?

Karena itulah, kami mencoba memberikan Anda daftar 4 anti virus terbaik tahun ini, yang bisa Anda dapatkan, tentu saja, dengan gratis.

1. Microsoft Security Essentials

Microsoft Security Essentials

Program keamanan yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan cara mengunduhnya langsung di website Microsoft. Jangan khawatir, biarpun software yang satu ini sempat diragukan kemampuannya, ternyata setelah melalui sejumlah update dari Microsoft, software ini berhasil tumbuh dan berkembang menjadi salah satu antivirus gratis yang memiliki tingkat pendeteksian yang sangat baik dan cukup akurat. Adapun kekurangan dari MSE adalah software ini tidak memiliki terlalu banyak konfigurasi yang bisa Anda lakukan, serta lamanya proses scanning virus dan karantina program jahat.

2. AVG Anti-Virus Free Edition

AVG Anti-virus Free Edition

Siapa yang belum pernah dengar nama AVG? Anti virus yang satu ini sudah beberapa tahun ini terkenal akan kemampuannya dalam menangani serangan virus di PC maupun laptop dengan sangat baik, dengan tingkat deteksi yang sangat baik dan jarang mengalami false alarm. Proses update file database virus untuk AVG pun berjalan sangat cepat. Hanya saja, sama seperti MSE, anti virus yang satu ini juga memiliki kecepatan yang cukup lambat dalam proses scanning virus, belum lagi adanya iklan yang bertebaran.

3. Avira AntiVir Personal Edition

Avira AntiVir Personal Edition

Avira AntiVir juga semakin populer belakangan ini dengan menjadi salah satu pilihan terbanyak orang-orang yang ingin menggunakan antivirus secara gratis. Kualitas antivirus yang satu ini juga tidak kalah dengan anti virus gratis lainnya, memiliki tingkat akurasi yang di atas rata-rata sebagai sebuah anti virus tidak berbayar. Memiliki fitur real-time scanning yang sangat baik, Avira berani menghilangkan fitur scanning web dan e-mail. Namun jangan khawatir, fitur itu bukanlah sepenuhnya dihilangkan. Anda masih bisa mengaksesnya melalui versi komersilnya.

4. Avast! Free Antivirus

Avast! Free Antivirus

Salah satu software antivirus yang berkembang dengan sangat cepat belakangan ini. Tingkat deteksi yang sangat baik, walaupun masih sedikit tertinggal oleh Avira, namun dalam perkembangan dan versi terbarunya, antivirus gratis ini sudah menyediakan fitur rating internet site, dimana Anda bisa melihat adanya rating rekomendasi tingkat keamanan sebuah website ketika diakses, ataupun di samping hasil pencarian melalui search engine. Selain itu, tidak seperti Avira dan AVG yang cenderung membutuhkan memori relatif besar dalam menjalankan program mereka, Avast hanya membutuhkan memori yang kecil, sehingga Anda akan dapat menggunakan antivirus ini dengan nyaman tanpa mempengaruhi kinerja komputer Anda.

Itu dia empat antivirus terbaik tahun ini yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma. Semoga membantu, dan selamat berselancar. (vv)

Comment di sini