CiriCara: Cara Tepat Membuat Resolusi Tahun 2013

by
December 31st, 2012 at 9:06 am

CiriCara.com – Hari ini adalah hari terakhir untuk tahun 2012. Biasanya sebagian orang tengah disibukkan dengan tradisi membuat resolusi atau rencana kehidupan untuk setahun mendatang.

Resolusi yang dibuat biasanya berkisar di seputar karir, pekerjaan, hubungan percintaan, dan lainnya. Kadang-kadang, masih ada banyak orang yang bingung tentang cara membuat resolusi yang tepat.

Membuat resolusi yang baik bukan hanya sekedar menulis atau merangkai keinginan yang sifatnya sementara. Kita harus memandang jauh ke depan sebelum membuat resolusi yang kita buat agar berdampak bagi kehidupan kita.

Dilansir dari Kompas.com,  inilah lima cara yang tepat membuat resolusi untuk tahun 2013:

1. Pastikan resolusi yang kita buat berasal dari dalam hati.

Buatlah resolusi yang benar-benar kita perlukan. Pastikan bahwa resolusi tersebut berasal dari kemauan sendiri dan bukan karena paksaan dari orang lain karena kita sendirilah yang paling tahu tentang apa impian kita setahun mendatang.

2. Percaya terhadap diri sendiri dan orang lain.

Untuk mencapai resolusi, tentunya kita tidak boleh egois. Selain percaya terhadap diri sendiri, kita tentunya juga harus bekerja sama dengan orang lain. Jadikan resolusi sebagai panduan untuk mewujudkan cita-cita kita di masa mendatang. Dengan adanya keyakinan dan kepercayaan terhadap diri sendiri dan orang lain, rencana hidup kita pasti bisa terwujud.

3. Nikmati setiap proses yang akan dihadapi.

Pastikan resolusi untuk tahun 2013 mendatang adalah resolusi yang tidak membebani kita. Buatlah resolusi sederhana yang tidak terlalu berlebihan. Tanpa beban, tentunya kita akan lebih bersemangat dalam menikmati proses untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah kita buat selama tahun 2013.

4. Keberanian.

Saat membuat resolusi kita harus berani. Berani di sini maksudnya, kita harus benar-benar mau mewujudkan resolusi kita setahun mendatang apapun resikonya. Jangan sampai di akhir tahun 2013 nanti, Anda menyesal karena telah membuang segala kesempatan dan waktu yang ada.

Menurut salah seorang penulis dan motivator bernama Rene Suhardono, semua yang kita pikirkan bisa menjadi nyata. Nah, mulai sekarang jika Anda berani untuk mengambil keputusan dengan segala resiko dan konsekuensinya, apa yang Anda cita-citakan pasti akan menjadi nyata.

5. Pikirkan tentang dampak positif terhadap orang lain.

Tentunya resolusi yang akan kita buat tidak hanya berpusat pada keinginan kita pribadi. Kita juga harus berpikir tentang orang lain di sekitar kita. Pastikan apa yang akan kita perbuat di tahun depan memberi dampak positif bagi orang-orang di sekitar kita.

Dengan resolusi yang kita buat untuk tahun 2013 tentunya kita akan lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan. Ingat, waktu tidak pernah diulang walau hanya sedetik saja. Jadi, manfaatkanlah waktu yang ada sebaik mungkin sebelum kita menyesal di kemudian hari. (RN)

Comment di sini