CiriCara: 5 Cara Alami Mengobati Kista Rahim

by
January 1st, 2013 at 10:00 am

CiriCara.com – Kista rahim merupakan kantung kecil berisi cairan yang berkembang di dalam indung telur wanita. Kista tergolong tumor jinak yang tidak berbahaya. Tapi, beberapa kista menimbulkan masalah, mulai dari nyeri haid, kista pecah, perdarahan, hingga penyakit serius seperti gangguan kehamilan dan kanker endometrium.

Kista atau dikenal dengan sebutan fibroid ini merupakan salah satu penyakit yang paling dikhawatirkan kaum hawa. Mengingat wanita merupakan sosok yang nantinya akan mengandung keturunan. Dilansir Boldsky.com, berikut cara alami untuk mengobati kista rahim:

1. Minyak jarak

Minyak jarak bisa mengurangi fibroid rahim. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghangatkan beberapa tetes minyak jarak, lalu Anda bisa mengoleskannya si sekitar perut bagian bawah. Setelah Anda mengoleskannya, tutup dengan handuk dan timpa dengan bantalan pemanas atau botol air panas selama 30-60 menit. Anda bisa melakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari untuk menyembuhkan fibroid. Namun, jangan lakukan cara ini jika Anda sedang hamil.

2. Herbal

Fibroid pada umumnya terjadi karena tingginya kadar estrogen dalam tubuh. Anda bisa menggunakan beberapa herbal, seperti dandelion yang bisa membantu untuk mengurangi fibroid. Perlu Anda ketahui bahwa tumbuhan ini memiliki kemampuan potensial yang bisa membantu hati untuk mematabolisme hormon.

3. Kayu manis

Bahan alami lain yang bisa Anda gunakan yaitu kayu manis. Kayu manis memiliki kemampuan untuk mempengaruhi kelenjar adrenal yang mengatur produksi hormon dalam tubuh. Selain itu, kayu manis juga dikenal untuk menghilangkan kista rahim secara alami dari tubuh.

4. Vitamin B dan E

Anda bisa mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin B dan E. Vitamin B bisa membantu hati memetabolisme estrogen sehingga bisa mengurangi kadar hormon dalam tubuh. Sedangkan vitamin E juga efektif untuk membantu menormalkan tingkat estrogen.

5. Diet

Jika Anda menderita fibroid rahim, maka hindari mengonsumsi makanan yang meningkatkan produksi estrogen berlebihan, seperti alkohol, kafein, gula, karbohidrat olahan, dan produk kedelai. Alangkah baiknya untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti brokoli, kembang kol, kecambah, dan sayuran hijau lainnya.

Itulah cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kista rahim. Dilansir Kistarahim.com, kista pada rahim tidak menunjukkan gejala dan tanda. Pada umumnya, kista pada rahim tidak mengubah pola haid, kecuali jika kista itu sendiri mengeluarkan hormon. Sebagian besar gejala dan tanda adalah akibat dari pertumbuhan, aktivitas hormonal, atau komplikasi kista tersebut. (NR)

Comment di sini