CiriCara: Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

by
January 1st, 2013 at 9:00 am

CiriCara.com – Beberapa orang mengeluh karena memiliki jerawat di wajahnya. Adanya jerawat di wajah memang cukup membuat seseorang jadi kurang percaya diri. Timbulnya jerawat di wajah salah satunya disebabkan karena Anda memiliki pola hidup yang tidak sehat.

Pola hidup yang tidak sehat itu, seperti sembarangan mengonsumsi makanan, kurang tidur, kurang berolahraga, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti itu yang bisa membuat timbulnya jerawat di wajah.

Jika tidak ingin memiliki jerawat di wajah, maka Anda harus mencegahnya. Bagaimana caranya? Inilah 6 cara mencegah timbulnya jerawat di wajah:

1. Makan bawang putih lebih banyak

Bawang putih bisa menghancurkan bakteri jahat di dalam pori-pori kulit. Selain itu, bawang putih juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk kulit. Untuk itu, Anda disarankan agar menambahkan bawang putih pada makanan yang akan dikonsumsi jika tidak ingin ada jerawat pada wajah.

2. Menyinari kulit dengan matahari

Berjemur di bawah sinar matahari bisa merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Berjemur sangat baik untuk wajah, leher, lengan, dan kaki agar memiliki kulit yang sehat. Kulit perlu sinar matahari untuk membangunkan kesehatannya sendiri sehingga sel bisa diaktifkan dengan benar. Alangkah baiknya untuk  berjemur pada pagi hari selama 10-15 menit setiap harinya.

3. Mencuci wajah dengan air hangat

Jerawat bisa tumbuh karena ada kotoran yang mengendap di pori-pori. Ketika ingin membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka, alangkah baiknya menggunakan air panas saja. Setelah itu, Anda bisa bilas wajah kembali dengan menggunakan air dingin agar pori-pori menutup kembali.

4. Olahraga dan tidur yang cukup

Stres yang Anda alami bisa memicu ketidakseimbangan hormon dan menimbulkan jerawat. Untuk itu, Anda harus menerapkan pola hidup sehat dengan tidur yang cukup dan rajin berolahraga. Dengan begitu akan membantu tubuh kembali menstabilkan hormon dan mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

5. Perbanyak meminum air putih

Untuk membuang racun atau detoksifikasi secara alami, Anda disarankan untuk memperbanyak meminum air putih. Penumpukan racun dalam tubuh akan keluar lewat kotoran dan keringat. Dengan begitu, jerawat tidak akan muncul pada wajah Anda.

6. Perhatikan asupan makanan

Mengonsumsi makanan yang kurang bersih dan sehat bisa menjadi racun dan merangsang perkembangan jerawat di kulit. Anda harus pintar-pintar memilih makanan yang akan dikonsumsi agar tidak menimbulkan jerawat. Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak dan berlemak.

Itulah cara mudah mencegah timbulnya jerawat. Jerawat yang ada di wajah tentunya cukup menganggu berbagai aktivitas yang dijalani. Agar wajah tak berjerawat lagi, terapkanlah pola hidup dan makan yang sehat. Ingat kata pepatah, “Mencegah lebih baik daripada mengobati”. (NR)

Comment di sini