Makanan dan Minuman Pemicu Gangguan Pencernaan

by
January 1st, 2013 at 11:00 am

CiriCara.com – Mengonsumsi makanan yang tepat untuk pencernaan akan membuat sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik dan tidak mengalami gangguan. Makanan yang baik untuk pencernaan itu, seperti gandum utuh, yoghurt, dan berbagai jenis buah dan sayuran hijau lainnya.

Lantas, bagaimana jika Anda salah memilih makanan untuk dikonsumsi? Tentunya, efek buruk pada sistem pencernaan akan Anda alami. Perut bisa mengalami sembelit dan sulit buang air besar. Mengalami gangguan pencernaan seperti itu tentunya sangat mengganggu aktivitas Anda.

Jika tak ingin mengalami hal tersebut, maka Anda perlu mengetahui berbagai jenis makanan dan minuman yang berdampak buruk bagi sistem pencernaan. Dilansir Huffingtonpost.com, inilah makanan dan minuman yang berdampak buruk pada pencernaan:

1. Makanan mengandung lemak jenuh

Makanan yang mengandung banyak lemak bisa membuat Anda mulas dan diare karena kandungan lemak dalam makanan tidak bisa diserap baik oleh usus. Makanan yang tinggi lemak juga bisa menyebabkan warna tinja menjadi pucat atau steatorrhea, yaitu berlebihnya lemak di feses. Jika tak ingin sistem pencernaan Anda bermasalah, maka hindarilah berbagai jenis makanan yang digoreng dan mengandung minyak berlebih.

2. Makanan pedas

Makanan pedas bisa berdampak buruk bagi pencernaan karena bisa memicu gejala refluks asam bagi sebagian orang. Untuk itu, hindari makanan yang mengandung cabai berlebih agar sistem pencernaan bisa bekerja dengan baik.

3. Kafein

Kafein memiliki efek yang sama dengan makanan pedas yaitu memicu refluks asam karena bisa melemaskan katup pada kerongkongan. Walaupun mengonsusmsi kopi baik untuk kesehatan dan bisa membuat Anda merasa bahagia, namun terlalu banyak meminumnya juga bisa menyebabkan sembelit.

4. Minuman beralkohol

Meminum alkohol mungkin bisa membuat tubuh rileks. Namun sayangnya, esofagus bisa ikutan rileks. Akibatnya perut Anda akan terasa panas atau heartburn. Heartburn terjadi ketika asam lambung bergolak naik ke esofagus atau kerongkongan. Selain itu, terlalu banyak meminum minuman beralkohol juga bisa menyebabkan diare dan kram pada perut.

6. Produk susu

Produk susu memang sumber kalsium yang mudah dicerna tubuh. Tapi, bagi mereka yang menderita intoleransi laktosa bisa menjadi sakit setelah menikmati produk susu. Gejalanya, seperti perut kembung, sering buang air besar, kejang perut, dan diare.

Itulah berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa berdampak buruk untuk pencernaan. Sebenarnya, makanan dan minuman itu boleh saja Anda konsumsi asalkan tidak berlebihan. Jika terlalu sering dan berlebihan mengonsumsinya, maka sistem pencernaan Anda akan bermasalah. (NR)

Comment di sini