Tipe-tipe Orang Cerdas Masa Kini

by
January 1st, 2013 at 12:00 pm

CiriCara.com – Sebagian besar orang mengartikan cerdas adalah seseorang yang memiliki kemampuan menjawab soal-soal di sekolah. Selain itu, orang cerdas juga pintar berhitung, nilai ulangannya selalu bagus pada saat sekolah, nilai IPK nya bagus saat kuliah, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pendidikan formal.

Jika anggapan orang seperti itu, maka bisa dikatakan bahwa hanya sedikit orang yang cerdas. Padahal, kecerdasan itu dimiliki oleh setiap orang. Howard Gardner, seorang psikolog terkemukan dari Harvard University mengatakan bahwa sebenarnya manusia memiliki beberapa jenis kecerdasan. Berikut, tipe-tipe orang cerdas masa kini yang perlu Anda ketahui:

1. Kecerdasan linguistik

Kecerdasan linguistik adalah seseorang yang pandai mengolah kata-kata saat berbicara maupun menulis. Orang yang memiliki kecerdasan ini adalah orang yang gemar mengisi TTS, bermain scrable, membaca, dan bisa mengartikan bahasa tulisan dengan jelas. Jika Anda memiliki kecerdasan ini, maka pekerjaan yang cocok adalah sebagai jurnalis, penyair, atau pengacara.

2. Kecerdasan matematis atau logika

Tipe kecerdasan ini adalah orang yang memiliki kecerdasan dalam hal angka dan logika. Mereka mudah membuat klasifikasi dan kategorisasi, berpikir dalam pola sebab akibat, menciptakan hipotesis, dan pandangan hisupnya bersifat rasional. Pekerjaan yang cocok jika memiliki kecerdasan ini yaitu ilmuwan, akuntan, atau progammer.

3. Kecerdasan spasial

Mereka memiliki kecerdasan yang mencakup berpikir dalam gambar, serta mampu untuk menyerap, mengubah, dan menciptakan kembali berbagai aspek visual. Mereka memiliki kepekaan tajam untuk visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk, dan ruang.Selain itu, mereka juga pandai membuat sketsa ide dengan jelas. Pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini adalah arsitek, fotografer, desaigner, pilot, atau insinyur.

4. Kecerdasan kinestik-jasmani

Kecerdasan yang dimilikinya yaitu mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan. Mereka menyukai olahraga dan berbagai kegiatan yang mengandalkan fisik. Mereka termasuk orang yang cekatan dan tidak bisa tinggal diam, berminat dengan segala sesuatu, dan menikmati kegiatan fisik yang dilakukannya. Pekerjaan yang cocok untuk mereka yaitu atlet, pengrajin, montir, dan penjahit.

5. Kecerdasan musikal

Kecerdasan musikal adalah tipe orang yang sangat menyukai musik. Mereka mampu mengembangkan, mengekspresikan, dan menikmati bentuk musik dan suara. Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan musikal yaitu suka bersiul, mudah menghafal nada lagu yang baru didengar, menguasai salah satu alat musik tertentu, peka terhadap suara sumbang, dan gemar bekerja sambil bernyanyi. Pekerjaan yang cocok untuk mereka yaitu penyanyi atau pencipta lagu.

6. Kecerdasan interpersonal

Kecerdasan yang dimiliki tipe ini yaitu mereka mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, dan tempramen orang lain. Selaain itu, mereka juga mampu menjalin kontak mata dengan baik, menghadapi orang lain dengan penuh perhatian, san mendorong orang lain menyampaikan kisahnya. Pekerjaan yang cocok untuknya yaitu networker, negotiator, atau guru.

7. Kecerdasan intrapersonal

Tipe ini memiliki kecerdasan pengetahuan akan diri sendiri dan mampu bertindak secara adaptif berdasarkan pengenalan diri. Mereka tahu tujuan hidupnya, memiliki target-target yang ingin dicapai, dan mengerti apa potensi dan kelemahan-kelemahan yang dimilikinya. Ciri-cirinya yaitu suka bekerja sendiri, cenderung cuek, sering mengintropeksi diri, dan mengerti kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya. Pekerjaan yang cocok untuk mereka yaitu konselor atau teolog.

8. Kecerdasan naturalis

Kecerdasan yang dimiliki tippe naturalis yaitu mereka mampu memahami dan menikmati alam dan menggunakannya secara produktif serta mengembangkan pengetahuannya mengenai alam. Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan ini yaitu mencintai lingkungan, mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang, dan senang melakukan kegiatan di luar atau alam. Kecerdasan naturalis ini biasanya dimiliki oleh seprang petani, nelayan, pendaki, dan pemburu.

Itulah tipe-tipe orang cerdas masa kini. Dengan adanya tipe-tipe tersebut, dapat diartikan bahwa setiap orang memiliki kecerdasannya masing-masing. Lalu, termasuk tipe orang cerdas yang manakah Anda? (NR)