4 Makanan yang Layak Dinikmati Saat Awal Tahun

by
January 2nd, 2013 at 10:40 am

CiriCara.com - Setiap menjelang berakhirnya musim liburan seperti saat awal tahun, biasanya orang selalu berfokus pada sejumlah besar kalori yang mereka makan dan bagaimana dampaknya terhadap tubuh. Beberapa mengkhawatirkan makanan yang mereka konsumsi belum tentu bergizi dan bisa jadi malah mengundang berbagai penyakit.

Tentunya Anda tidak ingin memulai perjalanan di awal tahun dengan terbaring sakit di tempat tidur, bukan? Untuk itulah kini ada makanan yang baik bagi kesehatan Anda di awal tahun yang bahagia ini. Berikut adalah beberapa makanan bergizi yang layak Anda konsumsi sambil menikmati detik-detik menjelang berakhirnya masa liburan.

1. Cranberry

Buah yang satu ini memang identik menjadi makanan saat liburan, namun sebagian besar orang tidak mengetahui betapa banyaknya kandungan antioksidan yang terkandung dalam buah-buahan ini. Biasanya mereka mengonsumsi Cranberry untuk menjaga kesegaran dan kesehatan tubuh. Cranberry ternyata memiliki kandungan aktioksidan yang paling tinggi dibandingkan dengan buah-buahan dan sayuran yang lainnya. Cranberry dapat lebih nikmat jika dalam keadaan dingin.

2. Ubi jalar

Ubi yang satu ini ternyata mengandung banyak vitamin A dan vitamin C, serta dua nutrisi yang membantu melindungi sistem kekebalan tubuh. Dalam setengah cangkir ubi jalar, tubuh bisa mengasup 516 persen vitamin A, 35 persen vitamin C, 14 persen vitamin B6, 22 persen mangan, 11 persen kalium, dan 4 gram serat. Untuk penyajian yang lebih nikmat, ubi jalar dapat ditumbuk dan dipanggang serta dicampur dengan madu dan lebih cocok disajikan sebagai makan malam Anda.

3. Kacang Pecan

Kacang yang satu ini juga termasuk kacang yang kaya akan protein dan lezat jika disajikan sebagai makanan penutup. Kacang pecan ternyata mengandung fenolik yang berperan sebagai antioksidan. Selain itu, makanan yang satu ini juga kaya akan vitamin E dan juga gamma-tocopherol. Ditambah lagi, kacang pecan ternyata berkontribusi besar untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolestrol dalam darah. Untuk penyajian yang lebih baik cobalah membuat yoghurt atau salad berbahan kacang pecan yang telah dipanggang.

4. Labu

Labu memang cocok sebagai makanan yang disantap sepanjang tahun ini. Dengan memakan buah yang berwarna oranye ini tubuh kita bisa mengasup 382 persen vitamin A, 10 persen DV untuk zat besi, 25 persen vitamin K dan juga serat sebanyak 3,5 gram.

Beberapa makanan tersebut hanya sebagian kecil dari berbagai makanan yang memang diminati oleh banyak orang untuk disantap di awal tahun ini. Masih banyak makanan yang cukup bergizi dan baik untuk Anda konsumsi sambil menikmati ujung liburan ini dan memulai awal tahun dengan tubuh yang lebih sehat dan bugar.

(CT)

Comment di sini