CiriCara: Cara Mudah Mencegah Keriput di Wajah

by
January 2nd, 2013 at 9:52 am

CiriCara.com – Seiring bertambahnya usia, permasalahan pada kulit wajah Anda mungkin akan bertambah. Selain wajah berjerawat, Anda juga bisa mengalami kerutan di titik-titik tertentu pada wajah.

Adanya kerutan pada wajah nampaknya membuat penampilan seseorang menjadi kurang percaya diri. Kulit keriput juga bisa membuat Anda jadi terlihat lebih tua. Namun, ada beberapa cara pencegahan yang bisa Anda terapkan agar tak mengalami kerutan pada wajah di usia dini.

Dilansir Indiatimes.com, inilah cara mudah mencegah keriput di wajah:

1. Tidur yang cukup

Kurangnya tidur dalam sehari ternyata bisa memicu produksi hormon cortisol penyebab stres yang juga menimbulkan keriput di wajah. Untuk itu, Anda disarankan agar tidur cukup dalam sehari yaitu 7 – 8 jam. Selain itu, keriput di wajah juga bisa disebabkan karena posisi tidur Anda yang salah. Posisi tidur terlentang dan menyamping sangat disarankan agar wajah Anda tidak cepat keriput.

2. Mencuci wajah

Biasakan diri Anda untuk mencuci wajah untuk menghindari penggumpalan kotoran dan pori-pori wajah. Namun, jangan terlalu sering juga melakukannya kerena bisa membuat wajah menjadi kering. Cucilah wajah Anda dengan sabun pembersih wajah saat mandi di pagi hari dan sebelum tidur. Pastikan juga Anda menggunakan produk sesuai jenis kulit wajah.

3. Jangan terlalu lama keluar rumah

Menghabiskan waktu terlalu lama di luar rumah, bisa membuat kulit wajah Anda menjadi cepat keriput. Jangan berada di luar rumah lebih dari 20 menit. Semakin lama kulit terkena sinar matahari, semakin tinggi kerutan pada wajah yang bisa muncul. Ketahuilah bahwa matahari antara jam 10.00 – 15.00 adalah terjahat yang bisa merusak kulit wajah Anda. Jika ingin keluar rumah pada jam-jam tersebut, maka pakailah tabir surya.

4. Hindari meminum kopi dan merokok

Orang yang gemar meminum kopi dan merokok secara berlebihan, wajahnya nampak terlihat lebih tua dan keriput. Pernahkah Anda memperhatikan hal tersebut? Kopi dan rokok adalah dua hal yang bisa membuat keriput pada wajah. Jika tak ingin mengalami hal seperti itu, maka hentikan kebiasaan merokok dan batasi mengonsumsi kopi secara berlebihan.

5. Makanan yang mengandung omega-3

Omega-3 memang bermanfaat untuk menjaga keremajaan kulit. Seorang peneliti mengatakan bahwa kacang kedelai memiliki kekuatan alami karena bisa mengembalikan kondisi kulit wajah akibat sengatan sinar matahari. Untuk itu, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, seperti telur, ikan salmon, tuna, dan makanan yang mengandung omega-3 lainnya.

Itulah 5 cara mudah mencegah keriput pada usia dini. Anda bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar kulit wajah tidak mudah keriput. Bagaimanapun juga kulit wajah keriput akan membuat Anda jadi terlihat tua. (NR)

Comment di sini