CiriCara: Cara Pintar Atasi Masalah Keuangan Keluarga

by
January 2nd, 2013 at 11:56 am

CiriCara.com – Masalah keuangan terkadang bisa menyebabkan pasangan suami istri bertengkar. Beberapa pernikahan berakhir hanya karena masalah keuangan. Permasalahan keuangan itu bisa saja terjadi karena sang suami atau istri yang tidak pintar mengelola keuangan keluarga.

Padahal, pintar mengelola keuangan keluarga itu sangat penting agar kebutuhan saat ini dan masa depan bisa tercukupi. Untuk itu, sang suami dan istri harus terbuka dalam mengatur keuangan. Anda dan pasangan harus selalu mendiskusikan semua hal yang berkaitan dengan uang, seperti pengeluaran, pemasukan, tabungan, dan lain sebagainya.

Saat mendiskusikan hal tersebut, Anda dan pasangan juga harus membuat kesepakatan. Misalnya, menentukan berapa persen uang yang akan ditabung, berapa budget yang digunakan untuk membayar tagihan, dan lain sebagainya. Jika kedua hal tersebut Anda terapkan dalam kehidupan keluarga, maka masalah keuangan kemungkinan besar tidak akan terjadi.

Jika masalah keuangan keluarga sudah terjadi, maka segeralah atasi bersama pasangan. Berikut cara pintar atasi masalah keuangan keluarga:

1. Menabung

Menabung bukan hanya bisa Anda lakukan di bank, tapi juga di celengan sendiri. Anda bisa menyediakan tabungan kecil di rumah yang bisa diisi setiap minggunya. Mungkin terdengar remeh, tapi akan ada manfaatnya untuk Anda dan pasangan di lain waktu. Secara tidak sadar, uang itu akan terkumpul sehingga sangat berguna jika sedang dibutuhkan.

2. Melacak pengeluaran

Sebelum membagi-bagi uang, tak ada salahnya untuk melacak pengeluaran Anda sehari-hari. Cara ini sangat berguna jika dilakukan sejak awal pernikahan karena Anda jadi bisa memprediksikan berapa pengeluaran rumah tangga setiap bulannya. Selain itu, cara ini juga membantu Anda untuk mengetahui apakah Anda tipe orang yang boros atau bukan.

3. Menyisihkan uang

Jangan lupa juga untuk menyisihkan uang setiap bulannya. Uang itu bisa Anda pergunakan untuk bersenang-senang bersama keluarga, seperti berlibur ke tempat wisata, pergi ke restoran untuk makan malam bersama, menonton film di bioskop, dan lain sebagainya. Namun, jangan banyak-banyak menyisihkan uang setiap bulannya agar tidak boros.

4. Membuat anggaran yang realistis

Membuat anggaran yang realistis itu penting agar tidak terjadi masalah keuangan dalam keluarga. Pastikan anggaran Anda realistis dan bisa diterapkan dengan baik. Jangan membuat anggaran yang terlalu sedikit hingga Anda harus berhemat dan kurang menikmati hidup, begitu juga sebaliknya.

5. Rapat keuangan

Anda dan pasangan harus melakukan pertemuan untuk membahas keuangan keluarga. Cara ini bisa dilakukan setiap minggu atau bulan. Namun, Anda harus menciptakan suasana yang menyenangkan ketika sedang membahas keuangan rumah tangga.

6. Bekerjasama

Biasanya, pihak wanita yang sering mengatur keuangan rumah tangga. Namun, agar tidak terjadi pertengkaran tak ada salahnya untuk bekerjasama. Pastikan Anda dan pasangan saling bekerjasama untuk mengatur keuangan keluarga.

Itulah 6 cara pintar atasi masalah keuangan keluarga. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah keuangan keluarga, tak ada salahnya untuk menerapkan tips di atas. Mengatur keuangan keluarga sangat penting dilakukan dengan cara yang pintar agar kehidupan keluarga selalu harmonis. (NR)

Comment di sini