CiriCara: Cara Tradisional Mengobati Sakit Gigi

by
January 2nd, 2013 at 8:59 am

CiriCara.com – Sakit gigi yang dialami seseorang bisa membuat kepalanya pusing dan pipinya bengkak. Hal tersebut membuatnya jadi malas beraktivitas. Pernahkah Anda mengalami sakit gigi?

Sakit gigi seringkali disebabkan oleh kerusakan dan kurangnya perawatan pada gigi. Kurangnya perawatan pada gigi itulah yang membuat gigi menjadi rusak dan berlubang. Selain itu, penyebab gigi berlubang juga disebabkan karena adanya sisa makanan yang menetap di gigi, yang oleh bakteri di mulut diubah menjadi asam yang membentuk plak. Plak itulah yang mengandung mikro organisme yang mengikis email ggigi sehingga menyebabkan gigi berlubang.

Untuk mengobati sakit gigi itu tidak selalu melibatkan obat-obat kimia. Anda bisa menggunakan cara alami untuk mengobati rasa sakit itu. Mau tahu cara alami apa saja yang bisa Anda gunakan? Inilah cara tradisional mengobati sakit gigi:

1. Minyak cengkeh

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Dentistry pada tahun 2006 menemukan bahwa minyak cengkeh bisa meredakan sakit gigi. Caranya yaitu Anda bisa meneteskan 2-3 tetes minyak cengkeh pada sehelai kapas, lalu gosokkan pada bagian gigi yang sakit.

Reuters

2. Bawang putih

Bawang putih juga bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi. Tumbuk halus bawang putih, lalu letakkan pada gigi yang sakit atau mengunyahnya. Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan anestesi sehingga bisa membantu menyembuhkan sakit gigi.

3. Bawang merah

Bukan hanya bawang putih saja, tapi bawang merah juga bisa mengobati sakit gigi yang Anda alami. Caranya sama seperti pengobatan dengan bawang putih. Kandungan enzim dalam bawang merah bisa membunuh kuman-kuman jahat di dalam mulut dan meringankan rasa sakit gigi yang Anda alami.

4. Cabai hijau

Cabai hijau juga bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi. Potong ujung cabai hijau, kemudian Anda bakar. Setelah panas Anda bisa tempelkan pada bagian yang sakit. Terapkan cara secara teratur, 2 kali sehari agar sakit yang dialami bisa segera sembuh.

5. Jahe

Dlansir Healthypro.org, James A. Duke dalam bukunya menyebutkan bahwa jahe bisa membantu menyembuhkan sakit gigi. Jahe mampu mengurangi rasa nyeri karena sakit gigi. Caranya, dengan mencampurkan seperempat sendok teh bubuk jahe dengan seperdelapan sendok air hangat. Aduk hingga mengental, lalu celupkan sehelai kapas dan oleskan pada bagian gigi yang sakit.

Itulah cara tradisonal yang bisa Anda terapkan untuk mengobati sakit gigi. Ketahuilah bahwa mengobati sakit gigi dari dokter cukup memakan waktu yang lama karena Anda perlu berkali-kali kontrol. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga cukup mahal. Lalu, apakah Anda mau mencobanya untuk mengobati sakit gigi yang dialami? (NR)

Comment di sini