Hujan Meteor Akan Muncul Malam Ini

by

CiriCara.com – Hujan meteor akan terjadi pada Kamis (3/1/2013) dinihari atau malam nanti. Jika cuaca cerah dan tidak ada polusi cahaya, fenomena hujan meteor ini akan bisa dilihat di Indonesia. Ini akan menjadi pertunjukkan langit pertama di tahun 2013.

Menurut Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), hujan meteor tersebut merupakan hujan meteor Quadranids. NASA mengungkapkan bahwa meteor ini akan melewati bumi sejak sekitar pukul 04.00 WIB, Kamis (3/1/2013).

Meteor Quadranids sendiri berasal dari asteroid bernama 2003 EH1, asteroid ini ditemukan pertama kali pada 1825 silam. Dalam waktu dekat ini asteroid tersebut akan mendekat ke Bumi. Dan ketika debu-debu asteroid bertemu dengan atmosfer Bumi, maka terjadilah hujan meteor.

Seperti diberitakan Kompas.com, meteor tersebut akan terbit dari rasi Quadrans Muralis, itu sebabnya dinamakan meteor Quadranids. Kecepatan meteor saat memasuki atmosfer Bumi bisa mencapai sekitar 145.000 km/jam. Namun masih bisa dilihat secara kasat mata.

Selain faktor cuaca, cahaya Bulan juga disebutkan akan mengganggu pengamatan terjadinya hujan meteor Quadranids di awal tahun 2013 ini. Namun, meteor ini kabarnya bisa tetap dilihat oleh masyarakat Indonesia selama awan dan hujan tidak terjadi pada malam nanti.

Bagi Anda yang berminat untuk mengamati keindahan hujan meteor Quadranids, ada baiknya bersiap-siap sejak satu jam sebelum meteor datang. Pilih tempat lapang dan bebas dari gangguan seperti polusi cahaya. Siapkan juga kamera yang memadai untuk mengabadikan hujan meteor ini.

(YG)


comments powered by Disqus