Malam Tahun Baru Tinggalkan 600 Ton Sampah di Jakarta

by
January 2nd, 2013 at 10:23 am

Jakarta (CiriCara.com) – Perayaan malam tahun baru 2013 di Jakarta memang dikemas dengan cara yang berbeda dari tahun sebelumnya. Namun, ada hal yang masih sama dengan perayaan sebelumnya yakni penumpukkan sampah di keesokan harinya.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi menggelar pesta rakyat di malam tahun baru dengan tajuk “Jakarta Night Festival atau Car Free Night”. Tak heran, ribuan warga Jakarta langsung memadati sejumlah wilayah di kawasan Senayan-Medan Merdeka Barat.

Menurut Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin, acara yang hanya berlangsung selama 5 jam (21.00 – 02.00 WIB dinihari) itu telah menghasilkan 600 ton sampah atau 10 persen dari jumlah sampah perharinya.

“Peningkatan volume sampah saya prediksikan capai 10 persen (600 ton). Tapi, untuk hitungan real-nya masih ada di TPA Bantar Gebang,” tutur Unu seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (1/1/2013).

Menurut Unu, jumlah tersebut meningkat 6 persen dari jumlah sampah sisa malam tahun baru pada tahun sebelumnya. Unu menilai bahwa program car free night (malam tanpa kendaraan bermotor) yang diusung Jokowi telah menyumbang sampah terbesar.

“Kalau acara itu bisa dilalui kendaraan, seperti mobil, kebanyakan mereka memiliki tempat sampah di dalamnya,” ujar Unu.

Meskipun jumlahnya sangat tinggi, Unu mengklaim pihaknya sudah berhasil membersihkan sampah-sampah sisa malam tahun baru tersebut. Untuk membersihkan sampah dari jalanan di Jakarta, pihak Dinas Kebersihan DKI telah mengerahkan 330 petugas kebersihan.

Unu juga mengaku sudah menyediakan gerobak motor dan truk sampah sehingga penumpukan sampah di Jakarta bisa segera diatasi. “Sebanyak 330 petugas kebersihan sudah kami siagakan sejak 31 Desember 2012 hingga pukul 05.00 WIB pagi ini,” katanya.

(YG)

Comment di sini