Manfaat Bimbingan Konseling Sebelum Menikah

by
January 2nd, 2013 at 8:20 am

CiriCara.com - Bagi calon pengantin, menyiapkan berbagai kebutuhan pernikahan, menyusun jadwal bahkan mengikuti berbagai kelas edukasi serta konsultasi bisa dilakukan. Memang konseling sebelum menikah adalah kebutuhan bagi calon pengantin agar mereka dapat memiliki rencana yang tepat setelah menikah.

Mereka yang telah melakukan konsultasi sebelum menikah memilki kemungkinan kecil untuk bercerai sebab konseling pranikah akan memperkuat hubungan pasangan setelah menikah. Sebegitu pentingnya kah konseling sebelum menikah? Ya, mari kita lihat beberapa alasan pasangan membutuhkan konseling sebelum menikah.

1. Masa depan lebih terarah

Jika suatu pasangan telah merasakan jatuh cinta, sebagian besar dari mereka pasti tidak memikirkan apa yang terjadi ke depan dan rencana apa yang akan mereka lakukan.  Mereka hanya melihat hal yang terjadi saat ini dan menikmati indahnya jatuh cinta.

Padahal, mempersiapkan berbagai rencana ke depan merupakan langkah yang tepat untuk menghindari kesalahpahaman di masa mendatang. Dengan demikian, para pasangan akan mendapat bekal pengetahuan yang lebih baik untuk mengenal berbagai hal yang terjadi setelah pernikahan dan mampu menjalani hubungan lebih baik dalam waktu yang lama.

2. Mengurangi risiko keretakan hubungan

Tak ada yang tidak butuh untuk konsultasi sebelum pernikahan. Banyak konsultan  yang memiliki pengetahuan yang cukup mendalam mengenai hubungan dengan pasangan setelah menikah. Dengan pengetahuan itu seorang konsultan bisa membagikan tips dan trik untuk mengurangi risiko keretakan hubungan yang bisa terjadi setelah pernikahan.

3. Memudahkan dalam penyatuan visi

Dalam permikahan, ada dua pribadi unik  yang berbeda satu sama lain. Hal tersebut memang sering memicu pertentangan dari kedua belah pihak. Oleh karena itulah peran dari konsultasi sangat dibutuhkan.

Konseling pranikah pasti akan menjelaskan tentang apa yang diyakininya dan rencana yang akan mereka lakukan setelah menikah sehingga mereka berdua dapat menyatukan visi bersama. Dengan demikian, hal untuk hidup bersama pun tidak akan diisi oleh pertentangan dari pasangan tersebut.

4. Saling memahami keluarga pasangan

Ketika menikah, tentunya keluarga dari pasangan akan turut serta dalam pernikahan Anda dan dalam hubungan selanjutnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk saling memahami keluarga dari masing-masing pasangan untuk membina rasa pengertian dan menghindari prasangka-prasangka buruk yang nantinya akan mengganggu hubungan dengan pasangan Anda.

5. Mencegah masalah terkait finansial

Di dalam perjalanan suatu pernikahan, masalah terkait finansial sering menyebabkan perceraian. Maka konsultasi penting dilakukan untuk mengulas pendapatan dan pengeluaran serta rencana pengelolaan keuangan setelah menikah sehingga tidak terjadi perselisihan yang berujung pada perceraian.

6. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Hubungan yang baik tentunnya berawal dari komunkasi yang baik pula. Bagaimana jadinya jika Anda dan pasangan Anda sering berselisih cuma hanya salah paham saja? Itu bukan hal yang baik, bukan? Maka dari itulah, pada saat konseling pasangan akan diajarkan untuk saling memahami satu sama lain.

7. Memberi kepuasan pernikahan

Konseling memang membantu menghilangkan kekhawatiran dari pasangan sebab mereka sudah dapat memandang ke depan apa yang mereka rencanakan. Dengan demikian, kepuasan dari masing-masing pasangan akan meningkat dan dapat menghindari adanya perselisihan.

8. Meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikan konflik

Dengan mengikuti konseling pranikah, pasangan akan dibekali ilmu untuk menyelesaikan masalah dengan mendiskusikan sumber masalah dalam pernikahan supaya mereka tidak terlambat untuk melangkah. Hal tersebut juga ampuh dalam menjaga stabilitas rumah tangga jika telah menikah sehingga mereka dapat melewati masa sulit dalam  hubungannya.

(CT)

Comment di sini