CiriCara: Cara Ampuh Mengatasi Kantuk Saat Mengemudi

by
January 3rd, 2013 at 4:06 pm

CiriCara.com – Selama ini beberapa pengemudi kerap mehiraukan rasa kantuk yang dialami saat mengemudi. Padahal, hal tersebut bisa membuat konsentrasi Anda buyar dan memicu terjadinya kecelakaan.

Dilansir Nytimes.com, Thomas J Balkin, National Sleep Foundation mengatakan bahwa kelelahan dan mengantuk menyebabkan kecelakaan yang lebih fatal. Saraf sensorik dan motorik menjadi lemah sehingga refleks seseorang juga melemah.

Untuk itu, para pengemudi disarankan untuk segera mengatasi rasa kantuk itu saat sedang mengemudikan kendaraannya. Lalu bagaiamana cara mengatasinya? Dilansir Tempo.co, Reza Satria Wirawan, instruktur safety driving di sebuah perusahaan ban multinasional memberikan tipsnya untuk Anda:

1. Jangan mengemudi lebih dari 3 jam

Mengemudikan mobil tanpa henti, lebih dari 3 jam bisa menyebabkan saraf sensorik dan motorik seseorang yang menenggak minuman beralkohol dengan kandungan 40 persen. Hal tersebut terjadi karena kedua saraf mengalami ketegangan karena seseorang yang mengemudikan mobil dituntut untuk berkonsentrasi memperhatikan jalan dan kondisi lain. Jika Anda memaksakan diri mengemudikan mobil lebih dari 3 jam, maka akan merasa kelelahan hingga akhirnya mengantuk.

2. Beristirahat sejenak

Jika Anda akan mengemudikan mobil dengan jarak tempuh yang cukup jauh dan lebih dari 3 jam, maka disarankan untuk beristirahat setiap 3 jam sekali. Berbaringlah atau tidurlah selama 20 atau 30 menit untuk menenangkan pikiran. Setelah itu, sempatkan diri untuk berolahraga ringan dengan memijat bagian kepala, bahu, lengan tangan, lutut, dan tungkai. Dengan begitu, Anda akan bisa kembali berkonsentrasi mengemudikan mobil dan peredaran darah pun lancar.

3. Jangan berlebihan mengonsumsi karbohidrat

Selain beristirahat, Anda juga disarankan untuk tidak menngonsumsi berlebihan makanan yang mengandung karbohidrat. Hindari mengonsumsi nasi dan roti gandum secara berlebih karena makanan tersebut berpotensi memicu rasa kantuk ketika sedang berkemudi. Sebagai ganti karbohidrat selama perjalanan, Anda bisa memakan buah atau cokelat. Kandungan vitamin yang ada dalam buah bisa menyegarkan otot-otot dan menguatkan saraf sensorik tubuh. Sedangkan, kandungan zat fenol antioksidan yang ada dalam cokelat bisa menjaga sel-sel otot tubuh termasuk saraf motorik dan sensorik.

4. Meminum kopi

Beberapa orang akan meminum secangkir kopi untuk membuatnya kembali merasa segar. Hal ini juga bisa Anda lakukan jika merasa kantuk saat mengemudikan mobil. Namun, jangan berlebihan mengonsumsinya karena bisa mengganggu kesehatan Anda.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kantuk saat mengemudi. Jangan memaksakan diri untuk mengemudikan mobil ketika Anda sudah merasa lelah dan kantuk. Jika memaksakan diri untuk mengemudi, maka konsentrasi Anda akan hilang dan mungkin bisa menimbulkan kecelakaan. (NR)

Comment di sini