CiriCara: Cara Mudah Mengatasi Rasa Takut

by
January 3rd, 2013 at 2:29 pm

CiriCara.com – Semua orang pasti pernah mengalami ketakutan. Namun, kadarnya berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, respons yang diberikan juga berbeda-beda ketika seseorang dihadapi dengan rasa takut itu.

Secara umum, ketika seseorang sedang ketakutan biasanya jantung berdebar, keringat dingin, mengepalkan tangan, merapatkan gigi, perubahan gerakan mata dan ekspresi wajah, serta pikiran menjadi kacau. Semua efek itu akan dialami seseorang ketika sedang merasa takut atau adanya hal berbahaya.

Namun, rasa takut itu sebaiknya segera diatasi terutama ketakutan pada hal yang tidak rasional. Memiliki rasa takut yang berlebihan bisa membuat Anda tidak sehat. Untuk itu, berdasarkan Methods of Healling Anda harus segera mengatasinya dengan cara berikut ini:

1. Mengenali ketakutan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa takut itu adalah mengenalinya dahulu. Anda harus cari tahu dulu apa penyebabnya. Hal apa yang membuat Anda takut dan bagaimana perasaan itu menguasai Anda. Dengan mengetahui penyebabnya, rasa takut itu akan berkurang. Ketika Anda mulai menyadarinya, cobalah berdialog dengan diri sendiri untuk mengatasi rasa takut itu.

2. Melawan ketakutan

Jika Anda takut pada sesuatu, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah melawannya. Anda harus bisa menentang dan menghadapi hal tersebut. Misalnya, jika Anda takut naik pesawat terbang, maka cobalah memaksakan diri untuk pergi ke luar kota dengan pesawat. Di dalam, pesawat Anda bisa tidur atau mendengarkan musik untuk mengrangi rasa takut itu.

3. Mengendalikan mental

Cara lain untuk mengatasi rasa takut itu adalah mengendalikan mental. Anda bisa belajar mengendalikan pikiran untuk menghindari rasa takut itu. Jika mulai merasa takut, maka lawanlah perasaan itu. Lakukan sesuatu untuk mengalihkan perhatian dan hentikan perasaan yang membuat Anda merasa takut.

4. Mengubahnya

Setelah mengetahui apa dan penyebab rasa takut itu, Anda harus megubah rasa takut itu. Anda harus mencari tahu bagaimana cara menghadapi rasa takut itu. Jika merasa takut berjalkan sendiri pada malam hari, cobalah mengambil kursus bela diri. Dengan mengetahui cara menghadapinya, rasa takut itupun akan hilang dan Anda menjadi sosok yang pemberani.

5. Relaksasi

Ketika rasa takut itu sudah dilawan, Anda juga harus melakukan relaksasi. Mungkin dengan relaksasi, rasa takut itu akan berkurang dan tak ada lagi dalam diri Anda. Untuk memerangi rasa takut, cobalah melakukan relaksasi dengan latihan meditasi atau yoga. Semakin Anda percaya diri, rasa takut yang menguasai pikiran Anda akan berkurang.

Itulah cara mudah untuk mengatasi rasa takut. Ketahuilah bahwa, ketakutan itu akan berpengaruh pada tubuh Anda. Ketakutan memanglah hal yang wajar, tapi jangan biarkan itu mempengaruhi pikiran Anda. Untuk itu, Anda harus segera mengatasinya. (NR)

Comment di sini