Foto: Tragis, 18.000 Sirip Hiu Dikeringkan di Hong Kong

by
January 3rd, 2013 at 9:21 am

CiriCara.com – Hewan pemangsa seperti ikan hiu juga terancam punah. Pasalnya, beberapa negara di Asia sering memanfaatkan sirip ikan hiu untuk masakan sup sirip ikan hiu yang dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh.

Pada 2 Januari 2013, Dailymail.co.uk mengabarkan bahwa ada sekitar 18.000 potong sirip ikan hiu yang sedang dikeringkan dengan cara dijemur di sebuah atap bangunan pabrik di Hong Kong.

Ikan-ikan hiu yang hendak diambil siripnya itu, diburu dengan sadis. Para pemburu menangkap hiu-hiu di lautan lepas, kemudian memotong siripnya, dan mengembalikannya ke laut, membiarkan ikan itu tenggelam di laut dalam. Akibat rutinitas mereka itu, setiap tahunnya ada 100 juta ikan hiu yang mati.

Sirip ikan hiu itu sendiri memiliki harga yang sangat tinggi, yaitu mencapai 600 dollar AS (sekitar 5,8 juta rupiah) per 450 gr-nya. Sedangkan harga semangkuk sup sirip ikan hiu yang banyak diperdagangkan di Asia mencapai harga 108 poundsterling (sekitar 1,6 juta rupiah).

Oleh karena kisaran harga yang sangat tinggi, maka makanan ini biasa diminati oleh orang-orang kaya di Asia saja. Biasanya, mereka sering menyajikan menu sup tersebut untuk berbagai perayaan besar. Di samping itu, sebagian besar penduduk Asia percaya bahwa sup sirip ikan hiu itu mengandung obat alami yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Bisnis penjualan sirip ikan hiu ini sudah lama mengundang kontroversi setelah angka tewasnya ikan hiu di laut bebas semakin meningkat. Namun, data beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa jumlah pedagang sirip ikan hiu kian berkurang.

Akan tetapi, hal tersebut belum dirasa cukup oleh para aktivis lingkungan hidup. Mereka ingin melihat larangan memperjual-belikan sirip hiu yang tegas dan jelas, tertulis bagi negara-negara di dunia.

Kabarnya sudah ada beberapa negara yang menerapkan undang-undang anti pengambilan dan perdaganang sirip ikan hiu, misalnya Amerika Serikat, Kanada, Brazil, Namibia, Afrika Selatan, Uni Eropa. Sedangkan di Hawaii, penjualan sup sirip ikan hiu sudah mulai dilarang akhir-akhir ini.

Kekejaman para nelayan yang bekerja mengambil sirip ikan hiu pun mendapat kecaman dari sejumlah selebriti dunia. Sebut saja, koki ternama kelas dunia, Gordon Ramsay. Dia mengatakan perdagangan ikan hiu merupakan suatu yang sangat kejam, tragis, keterlaluan, dan sangat kanibal.

Berikut adalah beberapa bukti foto maraknya perdagangan sirip ikan hiu di Hong Kong itu.

EPA/Daily Mail

Reuters/Daily Mail

EPA/Daily Mail

Reuters/Daily Mail

Reuters/Daily Mail

(yk)

Daily Mail

Comment di sini