LG Telah Meluncurkan TV Baru Jenis OLED

by
January 3rd, 2013 at 4:28 pm

CiriCara.com – TV generasi terbaru keluaran LG telah diluncurkan. LG, salah satu produsen elektronik terbesar di dunia, mengeluarkan seri TV terbaru yang lebih canggih dan keren dibandingkan seri TV sebelumnya.

TV tersebut adalah jenis OLED. OLED itu sendiri merupakan singkatan dari Organic Light-Emitting Diode. Komponen ini membuat TV OLED tersebut menjadi ramah lingkungan dengan penggunaan energi yang lebih efisien dibandingkan seri LCD sebelumnya.

Disebut-sebut bahwa layar OLED ini sebagai penerus suksesnya layar LCD TV. Teknologi yang digunakan pada TV OLED ini memungkinkan tampilan layar yang lebih bagus, serta dapat dibuat menjadi TV yang lebih tipis dibandingkan layar TV Kompetitor lainnya.

Sebenarnya, pada tahun 2012 lalu, Samsung dan LG sama-sama mengumumkan tentang produk baru mereka yaitu TV OLED 55 inci (140 cm). Namun, LG-lah yang pertama kali merealisasikannya.

Dilansir dari BBC.co.uk, rencananya LG akan menjual TV OLED mereka di Korea Selatan sebagai pasar pertama yang mereka tuju, sebelum nantinya akan merambah ke pasar Eropa dan lainnya. Kabarnya, TV OLED dengan 1920 x 1080 piksel ini akan dijual dengan harga 11 juta won atau 10.300 dollar AS (sekitar 99 juta rupiah).

Diharapkan pada tahun 2014 mendatang, penjualan TV OLED itu akan berkembang pesat hingga 1,7 juta menurut pengamatan Display Search (www.displaysearch.com).

Namun, para pengamat mengungkapkan bahwa sebenarnya teknologi yang digunakan TV OLED ini akan lebih terjangkau jika dipasarkan pada 2015, dan peluncuran oleh LG ini lebih ke arah ingin memperkokoh diri sebagai pemimpin pasar elektronik TV. Tapi, pada kenyataannya, TV OLED dengan layar yang lebih kecil sudah menjadi serbuan massa.

Dan kendala pun masih ditemui pada pembuatan TV OLED layar yang lebih besar, yaitu kendala biaya pembuatan serta keandalan. Meski demikian, TV OLED tetap menawarkan kualitas layar yang lebih kaya dan canggih, sehingga TV OLED ini akan menjadi pilihan bagi banyak orang. (yk)

BBC

Comment di sini