Posisi Tidur yang Tepat Saat Hamil

by
January 3rd, 2013 at 9:12 am

CiriCara.comSaat si ibu sedang hamil, terkadang mengalami kesulitan tidur, apalagi jika rahimnya sudah membesar. Bisa tidur dengan lelap merupakan salah satu hal yang sulit didapat oleh beberapa ibu hamil.

Masalah tidur biasanya akan muncul pada dalam trimester kedua ketika janin mulai tumbuh. Peningkatan ukuran janin bisa membuat si ibu sulit mencari posisi tidur yang nyaman untuknya dan bayi. Selain itu, ibu hamil juga akan mengalami kesulitan tidur dikarenakan peningkatan dorongan untuk buang air kecil, peningkatan denyut jantung, mulas, kram kaki, sakit punggung dan pinggang.

Ketika usia kehamilannya memasuki lima bulan, sebagian besar ibu hamil akan mengalami kesulitan menemukan posisi tidur yang nyaman. Posisi tidur yang nyaman sangat diperlukan agar si ibu mendapatkan kualitas tidur yang maksimal. Tidur yang berkualitas itu bukan hanya membuat tubuh segar, tapi juga membantu ibu dan bayi tetap sehat.

Lalu, bagaimana posisi tidur yang tepat untuk ibu hamil?

Dilansir Bidankita.com, posisi tidur yang tepat untuk si ibu hamil adalah “SOS” (Sleep On Side) atau tidur miring. Ibu hamil disarankan untuk tidur miring ke kiri untuk meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mencapai plasenta dan bayi Anda.

Selain itu, tidur dengan posisi miring ke kiri juga mengurangi pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, dan tangan. Anda bisa meluruskan kaki kiri dan menekuk lutut kaki kanan. Bila perlu, sangga dengan sebuah bantal di antara kaki Anda.

Tidur dengan posisi miring ke kiri memang sangat dianjurkan, namun bukan berarti Anda tidak boleh tidur dengan posisi miring ke kanan. Jika sudah merasa tidak nyaman, maka Anda bisa mengganti posisi tidur miring ke kanan untuk membuat tidur Anda lebih nyaman dan lelap.

Posisi tidur telentang sangat tidak dianjurkan karena bisa menekan pemburuh darah balik atau pembuluh Vena yang ada di rongga perut. Adanya penekanan pada pembuluh darah Vena bisa membuat peredaran darah balik tidak lancar dan Anda akan merasa pusing. Selain itu, posisi tidur telentang juga bisa menyebabkan Anda mendengkur saat tidur.

Untuk itu, alangkah baiknya tidur dalam posisi miring ke kiri pada saat hamil agar aliran darah meningkat secara optimal ke tubuh dan rahim ibu. Posisi ini juga bisa membuat ginjal bekerja lebih efektif untuk membuang kotoran yang ada dalam tubuh, serta membuang air sehingga membantu mengurangi kaki si ibu yang bengkak. Selain itu, letakkan juga bantal di punggung untuk membuat Anda lebih merasa nyaman. (NR)

Comment di sini